Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Israel Menyerah Hancurkan Hamas: Tak Bisa Dimusnahkan karena Sudah Berakar

Kompas.tv - 20 Juni 2024, 15:30 WIB
tentara-israel-menyerah-hancurkan-hamas-tak-bisa-dimusnahkan-karena-sudah-berakar
Arsip. Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari saat berbicara memberikan keterangan dalam konferensi pers, Sabtu (15/6/2024). (Sumber: IDF)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Israel sudah mulai menyerang untuk menghancurkan Hamas, setelah perlawanan mereka tak juga berhenti meski perang di Gaza sudah berlangsung delapan bulan.

Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Laksamana Muda Daniel Hagari menegaskan, tujuan perang di Gaza untuk memberantas Hamas tak mungkin tercapai.

Pernyataan Hagari itu menggarisbawahi ketegangan antara Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dan pejabat tinggi pertahanan mengenai cara ia menangani perang di Gaza.

Baca Juga: Viral, Tentara Filipina Tangan Kosong Lawan Penjaga Pantai China Bersenjata Pedang

“Upaya menghancurkan Hamas, melenyapkan Hamas itu seperti melemparkan pasir ke mata publik,” kata Hagari dikutip dari The Times of Israel, Kamis (20/6/2024).

“Hamas adalah ide, Hamas adalah partai. Itu berakar di hati masyarakat, semua orang yang berpikir menghancurkan Hamas salah,” lanjutnya.

Hagari pun memperingatkan Pemerintah Israel: jika mereka tak segera menemukan alternatif, Hamas akan bertahan di Gaza.

Kantor Netanyahu pun langsung menanggapi pernyataan Hagari tersebut.

Dalam pernyataannya, kantor Netanyahu mengatakan bahwa kabinet keamanan Israel telah menetapkan penghancuran kemampuan militer Hamas dan pemerintahannya sebagai salah satu tujuan perang.

“Pasukan pertahanan Israel jelas harus berkomitmen untuk itu,” tambah pernyataan tersebut.

Unit Juru Bicara IDF kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa militer berkomitmen terhadap tujuan perang yang dinyatakan pemerintah Israel.



Sumber : The Times of Israel



BERITA LAINNYA



Close Ads x