Kompas TV internasional kompas dunia

Hizbullah Luncurkan 215 Roket ke Israel, Balasan Atas Kematian Komandannya

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 10:51 WIB
hizbullah-luncurkan-215-roket-ke-israel-balasan-atas-kematian-komandannya
Kebakatan yang disebabkan serangan roket Hizbullah ke wilayah utara Israel, Rabu (12/6/2024). (Sumber: Michael Giladi/Flash90)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

TEL AVIV KOMPAS.TV - Hizbullah telah meluncurkan 215 roket ke sebelah utara Israel, dalam aksi yang disebut sebagai pembalasan kematian komandam senior mereka.

Selain 215 roket, Hizbullah juga melunucrkan sejumlah rudal dan drone ke utara Israel, Rabu (12/6/2024) malam.

Hizbullah sendiri menegaskan bahwa itu adalah pembalasan atas kematian komandan mereka atas serangan udara malam sebelumnya.

Baca Juga: AS Pening Hamas Minta Perubahan untuk Gencatan Senjata di Gaza, Ini Kata Blinken

Gempuran tersebut menjadi serangan terbesar yang dilakukan Hizbullah dalam pertempuran di perbatasan Lebanon di tengah perang di Gaza.

Dikutip dari The Times of Israel, Hizbullah menegaskan serangan itu merupakan pembalasan atas pembunuhan yang dilakukan Israel kepada salah satu pemimpin besarnya, Taleb Abdullah.

Pada prosesi pemakaman Taleb Abdullah di Beirut, pejabat senior Hizbullah Hashem Sfieddine mengatakan kelompok itu akan meningkatkan intensitas, kuantitas dan pasukan atas operasinya kepada Israel.

“Jika musuh berteriak dan mengeluh mengenai apa yang terjadi di Palestina utara, biarkan mereka bersiap untuk menangis dan meraung,” kata Safieddine.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengatakan sang pemimpin pemerintahan Israel mengadakan penilaian keamanan pada Rabu malam, untuk mengetahui perkembangan di utara.

Serangan yang dilakukan Hizbullah sejak Rabu pagi dengan rentetan 90 roket ditembakkan ke beberapa area di utara Israel, termasuk Tiberias, Safed dan Rosh Pina.

Hal itu membuat ribuan orang harus berlindung di penampungan.



Sumber : The Times of Israel



BERITA LAINNYA



Close Ads x