Kompas TV internasional kompas dunia

Bertemu Blinken di Yordania, Prabowo Bahas Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 11:36 WIB
bertemu-blinken-di-yordania-prabowo-bahas-gencatan-senjata-permanen-di-gaza
Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony John Blinken di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

AMMAN, KOMPAS.TV — Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony John Blinken di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024).

Pertemuan tersebut berlangsung usai Prabowo menjadi pembicara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat Gaza bertajuk ‘Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza’.

Dalam pertemuan dengan Blinken, Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia menyambut baik diadopsinya Resolusi Dewan Keamanan PBB 2735 yang diusulkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. 

Resolusi ini mengandung proposal tiga fase untuk mencapai gencatan senjata permanen di Gaza.

Indonesia juga memberikan apresiasi terhadap upaya mediasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar.

“Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan tetap berjalan serta mewujudkan gencatan senjata permanen dan perdamaian yang adil dan abadi di Palestina," kata Prabowo dalam rilis yang diterima KompasTV.

"Gencatan senjata yang segera, penuh, dan menyeluruh sangat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo kembali menyuarakan pentingnya dukungan internasional untuk Palestina. 

Dukungan ini diperlukan untuk mewujudkan status kenegaraan dan pembangunan bangsa Palestina, termasuk memperkuat pemerintahannya, memberikan bantuan untuk pemulihan, dan mendukung keanggotaannya di PBB.

Baca Juga: Hadiri KTT Tanggap Darurat Gaza, Prabowo Gariskan 4 Poin Bantuan RI untuk Rakyat Palestina

Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony John Blinken di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). (Sumber: Istimewa)



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x