Kompas TV internasional kompas dunia

Narendra Modi Dilantik untuk Masa Jabatan Ketiga sebagai Perdana Menteri India

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 07:15 WIB
narendra-modi-dilantik-untuk-masa-jabatan-ketiga-sebagai-perdana-menteri-india
Narendra Modi, kanan, dilantik sebagai Perdana Menteri India oleh Presiden Droupadi Murmu, kiri, di Rashtrapati Bhawan, di New Delhi, India, Minggu, 9 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Perdana Menteri India, Narendra Modi, dilantik untuk masa jabatan ketiga berturut-turut pada Minggu (9/6/2024). Namun, masa jabatan ini dipandang membawa lebih banyak tantangan bagi pemimpin yang populer tapi kontroversial ini dibandingkan masa jabatan sebelumnya.

Seperti laporan Associated Press, partai nasionalis Hindu yang dipimpinnya, Bharatiya Janata Party (BJP), yang menang besar pada 2014 dan 2019, gagal mendapatkan mayoritas untuk memerintah sendiri kali ini.

Meski begitu, koalisi Aliansi Demokratik Nasional yang dipimpin BJP memenangkan cukup kursi untuk mayoritas tipis di parlemen.

Modi dan anggota kabinetnya mengambil sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Droupadi Murmu di Istana Kepresidenan India, Rashtrapati Bhavan, di New Delhi.

Modi membutuhkan dukungan dari sekutu-sekutu regionalnya untuk mempertahankan kekuasaan, yang berarti dia mungkin harus menyesuaikan gaya pemerintahannya.

Modi, 73 tahun, adalah perdana menteri India kedua yang memenangkan masa jabatan ketiga berturut-turut. Modi memimpin ekonomi yang berkembang pesat sambil memajukan nasionalisme Hindu.

Bagi pendukungnya, dia adalah sosok besar yang mendongkrak posisi India di pentas dunia, membantu menjadikan ekonominya yang terbesar kelima di dunia, dan menyederhanakan program kesejahteraan yang melayani sekitar 60% populasi. Bagi sebagian orang, Modi bahkan dianggap setengah dewa.

Namun bagi para pengkritik, Modi adalah pemimpin yang merusak demokrasi India dan memajukan politik memecah belah, terutama terhadap penduduk Muslim yang berjumlah 14% dari populasi.

Mereka mengatakan Modi juga semakin menggunakan taktik keras untuk menekan lawan politik, menekan media independen, dan menindas perbedaan pendapat.

Pemerintah Modi menolak tuduhan tersebut dan mengatakan demokrasi berkembang dengan baik.

Baca Juga: Narendra Modi Terpilih Jadi Pemimpin Koalisi Pemenang Pemilu dan Siap Bentuk Pemerintahan Baru India

Narendra Modi diberi karangan bunga oleh pemimpin senior Partai Bharatiya Janata (BJP) Rajnath Singh, kiri, Presiden partai JP Nadda, kanan, dan Amit Shah, di markas besar partai di New Delhi, India, Selasa, 4 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)

Analis politik mengatakan kemenangan Modi didorong oleh program kesejahteraan sosial yang memberikan manfaat dari makanan hingga perumahan dan oleh nasionalisme Hindu yang mengkonsolidasikan suara Hindu untuk partainya. Warga Hindu menyusun 80% dari populasi India.

Ekonomi tumbuh 7% dan lebih dari 500 juta orang India membuka rekening bank selama masa jabatan Modi, tetapi pertumbuhan itu belum menciptakan cukup banyak pekerjaan, dan ketimpangan semakin memburuk, menurut beberapa ekonom.

Modi memulai kampanye pemilihannya dengan janji menjadikan India negara maju pada 2047 dan menyoroti kebijakan kesejahteraannya serta infrastruktur digital yang kuat yang menguntungkan jutaan orang India.

Namun, seiring berjalannya kampanye, dia semakin sering menggunakan retorika anti-Muslim, menyebut mereka sebagai "penyusup" dan merujuk pada klaim nasionalis Hindu bahwa Muslim melebihi populasi Hindu dengan memiliki lebih banyak anak. Modi juga menuduh oposisi memanjakan komunitas minoritas.

Kesalehan yang mencolok telah lama menjadi ciri khas Modi, tetapi dia juga mulai menyarankan bahwa dia dipilih oleh Tuhan.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x