Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Jumpa Pemimpin Arab, Tegaskan Pengakuan atas Palestina dan Janji Tambah Bantuan ke Gaza

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 18:50 WIB
xi-jinping-jumpa-pemimpin-arab-tegaskan-pengakuan-atas-palestina-dan-janji-tambah-bantuan-ke-gaza
Xi Jinping menyampaikan pidato pada upacara pembukaan pertemuan tingkat menteri ke-10 Forum Kerjasama China-Arab di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing pada Kamis, 30 Mei 2024. (Sumber: AP Photo Pool)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BEIJING, KOMPAS TV - Presiden China Xi Jinping hari Kamis, 30/5/2024, menegaskan kembali komitmen China untuk mendukung pembentukan negara Palestina yang merdeka berdasarkan batas 1967 dengan ibu kota Yerusalem Timur dan menjanjikan lebih banyak bantuan kemanusiaan untuk Gaza. Hal ini disampaikan pada pembukaan KTT dengan para pemimpin negara Arab hari Kamis, 30/5/2024, di Beijing.

“Sejak Oktober lalu, konflik Palestina-Israel semakin memanas, menyebabkan penderitaan besar bagi rakyat,” kata Xi dalam pidatonya di Forum Kerja Sama China-Negara Arab. “Perang tidak boleh berlangsung tanpa akhir."

Xi menyerukan konferensi internasional untuk menyelesaikan perang Israel-Hamas dan menjanjikan sekitar Rp 10,5 triliun bantuan kemanusiaan untuk Gaza. Ia juga menjanjikan donasi sebesar $3 juta kepada UNRWA yang memberikan bantuan kepada pengungsi perang Israel-Hamas.

China dan negara-negara Arab secara konsisten mendukung Palestina dalam konflik ini, di mana Israel menghadapi kecaman internasional yang semakin keras setelah serangan di kota Rafah, Gaza Selatan, yang menewaskan setidaknya 45 orang akhir pekan lalu. Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, jumlah korban tewas Palestina dalam perang ini telah melebihi 36.000 orang.

China telah lama mendukung Palestina dan mengecam Israel atas permukimannya di wilayah pendudukan. Meskipun China memiliki hubungan ekonomi yang berkembang dengan Israel, dukungan terhadap hak-hak Palestina tetap menjadi prioritas utama dalam kebijakan luar negeri China di Timur Tengah.

Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi, yang juga berbicara di acara pembukaan, memuji China karena mendukung gencatan senjata segera di Gaza dan pembentukan negara Palestina yang merdeka.

"Saya menyerukan kepada semua aktor internasional untuk mengambil tanggung jawab moral dan hukum mereka untuk menghentikan perang Israel yang mengerikan," kata el-Sissi.

"Saya juga mendesak komunitas internasional untuk mengambil tindakan segera dan tegas untuk memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza dan melawan upaya apa pun untuk memaksa pengungsian warga Palestina dari tanah air mereka," kata el-Sissi.

KTT ini dihadiri oleh kepala negara dari Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Tunisia, serta lainnya. Fokus utama KTT ini adalah memperluas hubungan dagang China dan mengatasi masalah keamanan terkait perang Israel-Hamas.

Baca Juga: Pemimpin Korsel, China, dan Jepang Bertemu Bilateral Jelang KTT Trilateral, Bahas Topik Sensitif

Xi Jinping, kanan, dan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa tiba untuk menghadiri upacara pembukaan pertemuan tingkat menteri ke-10 Forum Kerja Sama China-Arab di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing Kamis, 30 Mei 2024. (Sumber: AP Photo / Pool)

“Prioritas China di kawasan ini terutama adalah ekonomi,” kata Maria Papageorgiou, seorang dosen politik dan hubungan internasional di Universitas Exeter. “China ingin melanjutkan momentum yang telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir dengan negara-negara Teluk dan memperluas investasinya, terutama di bidang perdagangan, teknologi (jaringan 5G), dan inisiatif siber lainnya.”

Selain itu, China ingin menampilkan diri sebagai mitra yang lebih kredibel dan stabil bagi kawasan ini, tanpa ikut campur tangan dalam urusan dalam negeri negara-negara tersebut atau memberikan tekanan, tambah Papageorgiou.

Xi dan el-Sissi juga mengadakan pertemuan bilateral pada hari Rabu, di mana mereka menandatangani serangkaian perjanjian kerja sama di bidang infrastruktur, teknologi, dan impor pangan untuk memperkuat hubungan mereka.

Juga hadir di forum ini adalah Presiden Tunisia Kais Saied, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, dan Raja Bahrain Hamad.

Forum Kerja Sama China-Negara Arab didirikan pada tahun 2004 sebagai mekanisme dialog formal antara China dan negara-negara Arab.

China adalah mitra dagang terbesar keempat Tunisia setelah Jerman, Italia, dan Prancis. Beijing telah membiayai rumah sakit dan kompleks olahraga di Tunisia, dan perusahaan-perusahaannya telah dikontrak untuk membangun infrastruktur strategis seperti jembatan dan pelabuhan laut dalam di Mediterania.

Uni Emirat Arab juga memiliki hubungan ekonomi yang luas dan berkembang dengan China dan dihujani kritik dari AS atas dugaan fasilitas militer China yang sedang dibangun di Abu Dhabi.

Selain hubungan dagang yang luas di Timur Tengah, China juga semakin berusaha memainkan peran diplomatik di kawasan. Tahun 2023, Beijing membantu merundingkan kesepakatan yang membuat Arab Saudi dan Iran kembali menjalin hubungan diplomatik setelah tujuh tahun ketegangan, peran yang sebelumnya dipegang oleh kekuatan global lama seperti AS dan Rusia.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x