Kompas TV internasional kompas dunia

Kemlu Ungkap Ada 8 WNI di Gaza dan 130 WNI di Israel, Siapkan Rencana Kontingensi Timur Tengah

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 21:15 WIB
kemlu-ungkap-ada-8-wni-di-gaza-dan-130-wni-di-israel-siapkan-rencana-kontingensi-timur-tengah
Asap mengepul pasca pengeboman Israel di Jalur Gaza, terlihat dari Israel selatan, Selasa 28 Mei 2024. Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menyampaikan bahwa saat ini terdapat delapan WNI yang berada di Jalur Gaza. Sedangkan WNI yang berada di Israel saat ini tercatat mencapai 130 orang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menyampaikan bahwa saat ini terdapat delapan WNI yang berada di Jalur Gaza. Sedangkan WNI yang berada di Israel saat ini tercatat mencapai 130 orang.

Menurut Judha, kedelapan WNI di Gaza adalah relawan MER-C yang melakukan tugas kemanusiaan di tengah serangan Israel. Ia menyebut MER-C telah berkoordinasi dengan Kemlu RI sehubungan penempatan petugas kemanusiaan di Gaza.

Baca Juga: Israel Ternyata Gunakan Bom Pintar Buatan AS untuk Ledakkan Kamp Pengungsi di Rafah

MER-C, organisasi yang mengelola Rumah Sakit Indonesia di Gaza, dilaporkan mengirimkan relawan ke Gaza dengan sistem rotasional. Namun, rotasi relawan saat ini terhalang serangan Israel ke Rafah, daerah paling selatan Gaza yang dipadati pengungsi.

"MER-C sudah mengirimkan tiga batch relawan secara rotasi. Untuk batch ketiga memang rotasinya terhambat karena serangan Israel ke Rafah dan kemudian border Rafah tertutup," kata Judha dalam konferensi pers pada Rabu (29/5/2024).

"Posisi terakhir saat ini masih ada delapan relawan (WNI) di Gaza sesuai dengan kebijakan MER-C. Mereka tetap bertugas di sana sambil menunggu rotasi berikutnya."

Judha menambahkan, pihak Kemlu RI telah menyiapkan rencana kontingensi untuk mengevakuasi WNI dari kawasan Timur Tengah. Hal tersebut dipersiapkan mengingat potensi melebarnya konflik ke kawasan.

Saat ini Kemlu RI telah menetapkan wilayah Israel-Palestina dan Lebanon selatan berstatus siaga 1. Sedangkan wilayah Iran dan Lebanon selain wilayah selatan, termasuk di Beirut, berstatus siaga 2.

Judha melaporkan bahwa saat ini terdapat ribuan WNI yang tercatat berada di daerah rawan, yakni 2.361 WNI di Suriah, 217 WNI di Lebanon, 387 WNI di Iran, dan 553 WNI di Irak.

"Perlu kami sampaikan bahwa ini adalah warga negara kita yang tercatat oleh KBRI, yang aktif melakukan lapor diri. Jadi ada kemungkinan warga negara kita yang tinggal di beberapa negara tersebut tidak lapor diri dan tidak tercatat," kata Judha.

Di lain sisi, Judha mengatakan tidak ada WNI yang tinggal di sekitar daerah terdampak longsor di Papua Nugini. Saat ini tercatat ada 1.317 WNI yang tinggal di negara tetangga Indonesia tersebut.

Juru bicara Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan bahwa pemerintah berencana mengirim bantuan ke Papua Nugini. Namun, jenis bantuan yang akan dikirim ke korban longsor Papua Nugini belum ditentukan.

Sebelumnya, pemerintah Papua Nugini melaporkan terdapat lebih dari 2.000 orang yang diperkirakan terkubur tanah longsor di Desa Yambali, Provinsi Enga, wilayah pegunungan Papua Nugini. Negara ini pun secara resmi meminta bantuan internasional.

Baca Juga: Erdogan: Zionisme Terbongkar, Tak Ada Negara yang Aman Kecuali Israel Patuhi Hukum Internasional



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x