Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kecil di Uzbekistan

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 05:45 WIB
rusia-akan-bangun-pembangkit-listrik-tenaga-nuklir-kecil-di-uzbekistan
Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, dan Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev menghadiri upacara penandatanganan menyusul pertemuan dalam format yang diperluas di Istana Kepresidenan Kuksaroy di Tashkent, Uzbekistan, Senin, 27 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS TV - Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev mengadakan pembicaraan pada Senin (27/5/2024) dan menandatangani sejumlah kesepakatan untuk memperdalam hubungan bilateral, termasuk kesepakatan di mana Moskow akan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir kecil di Uzbekistan.

Mirziyoyev menyambut proyek ini sangat penting dalam pernyataannya yang disampaikan melalui layanan pers setelah pembicaraan.

Presiden Uzbekistan menekankan mereka punya cadangan uranium yang besar. Putin berjanji melakukan segalanya agar dapat bekerja efektif di pasar energi nuklir Uzbekistan.

Jika kesepakatan ini dilaksanakan, pembangkit listrik tersebut akan menjadi yang pertama di Asia Tengah, sehingga meningkatkan pengaruh Rusia di kawasan tersebut.

Putin juga berjanji untuk meningkatkan pengiriman gas ke Uzbekistan.

Baca Juga: Saat Putin Ungkap Masa Jabatan Zelenskyy di Ukraina Habis: dengan Siapa Moskow harus Bernegosiasi?

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, kanan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara penyambutan resmi di Istana Kepresidenan Kuksaroy di Tashkent, Uzbekistan, Senin, 27 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)

Pembicaraan antara Putin dan Mirziyoyev berlangsung di ibu kota Uzbekistan, Tashkent, tempat Putin tiba sehari sebelumnya Minggu (26/5) dalam kunjungan luar negeri ketiganya sejak dilantik untuk masa jabatan presiden kelima awal bulan ini.

Kunjungan pertama Putin adalah ke China, di mana ia menyampaikan apresiasi atas usulan China untuk mengadakan pembicaraan guna mengakhiri konflik di Ukraina. Setelah itu, ia mengunjungi Belarus di mana Rusia telah menempatkan senjata nuklir taktis.

Kunjungan-kunjungan ini mencerminkan upaya Kremlin untuk mendapatkan dukungan di tengah ketegangan yang terus berlanjut dengan Barat terkait konflik di Ukraina.


 

Putin meletakkan karangan bunga di monumen kemerdekaan Uzbekistan di Tashkent dan mengadakan pembicaraan informal dengan Mirziyoyev, menurut Kremlin, yang berlangsung pada hari Senin dan menghasilkan kesepakatan tersebut.

Sebelum perjalanan ke Uzbekistan, Putin dan Mirziyoyev membahas berbagai isu kerja sama bilateral, termasuk hubungan perdagangan dan ekonomi, kata Kremlin.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x