Kompas TV internasional kompas dunia

Netanyahu Mengakui Ada Kesalahan Usai Serangan di Rafah yang Membunuh Puluhan Warga Palestina

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 06:15 WIB
netanyahu-mengakui-ada-kesalahan-usai-serangan-di-rafah-yang-membunuh-puluhan-warga-palestina
Warga Palestina melihat kehancuran pasca serangan Israel yang menyebabkan para pengungsi tinggal di Rafah, Jalur Gaza, Senin, 27 Mei 2024. Petugas kesehatan Palestina mengatakan serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 40 orang (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

TEL AVIV, KOMPAS TV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, Senin (28/5/2024), mengakui adanya kesalahan tragis setelah serangan Israel di Kota Rafah, Gaza Selatan. Serangan itu membakar kamp tenda yang menampung pengungsi yang merupakan warga Palestina. Menurut pejabat setempat, setidaknya 45 orang tewas.

“Meski kami berusaha sekuat tenaga untuk tidak membahayakan warga sipil yang tak bersalah, tadi malam terjadi kesalahan tragis,” kata Netanyahu dalam pidatonya di parlemen Israel.

“Kami sedang menyelidiki insiden ini dan akan mengambil kesimpulan karena ini adalah kebijakan kami.”

Mohammed Abuassa, yang bergegas ke lokasi di lingkungan Tel al-Sultan, mengatakan para penyelamat menarik keluar orang-orang yang dalam kondisi tak tertahankan.

“Kami menarik keluar anak-anak yang hancur berkeping-keping. Kami menarik keluar orang muda dan tua. Api di kamp itu tidak nyata,” katanya.

Setidaknya 45 orang tewas, menurut Kementerian Kesehatan Gaza dan layanan penyelamatan Bulan Sabit Merah Palestina. Kementerian mengatakan korban tewas termasuk setidaknya 12 perempuan, delapan anak-anak, dan tiga lansia, dengan tiga jasad lainnya terbakar hingga tak bisa dikenali.

Dalam perkembangan terpisah, militer Mesir mengatakan salah satu tentaranya tewas ditembak dalam baku tembak di daerah Rafah, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Israel mengatakan sedang berkomunikasi dengan pihak berwenang Mesir, dan kedua belah pihak menyatakan sedang menyelidiki.

Rafah, kota paling selatan Gaza di perbatasan dengan Mesir, menampung lebih dari satu juta orang, sekitar setengah dari populasi Gaza, yang mengungsi dari bagian lain wilayah tersebut. Sebagian besar telah melarikan diri sejak Israel serangan ke Rafa awal bulan ini. Ratusan ribu orang terpaksa tinggal di kamp tenda yang kumuh di dalam dan sekitar kota.

Baca Juga: Tentara Israel dan Mesir Saling Tembak di Penyeberangan Rafah, Bikin Hubungan Makin Panas?

Warga Palestina melihat kehancuran pasca serangan Israel yang menyebabkan para pengungsi tinggal di Rafah, Jalur Gaza, Senin, 27 Mei 2024. Petugas kesehatan Palestina mengatakan serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 40 orang (Sumber: AP Photo)

Netanyahu mengatakan Israel harus menghancurkan apa yang disebutnya sebagai batalyon Hamas terakhir yang tersisa di Rafah. Kelompok Hamas meluncurkan rentetan roket pada hari Minggu dari kota tersebut ke arah Israel tengah yang padat penduduk, memicu sirene serangan udara tetapi tidak menyebabkan cedera.

Serangan di Rafah memicu gelombang kecaman baru, bahkan dari pendukung terkuat Israel.

Dewan Keamanan Nasional AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "gambar-gambar yang mengerikan" dari serangan Israel di Rafah "sangat memilukan." Mereka menyatakan AS bekerja sama dengan militer Israel dan pihak lain untuk menilai apa yang terjadi.

Presiden Prancis Emmanuel Macron lebih tegas, mengatakan “operasi ini harus dihentikan” dalam sebuah unggahan di X.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x