Kompas TV internasional kompas dunia

Putin Langsung Temui Dubes Iran usai Helikopter Presiden Ebrahim Raisi Hilang, Ini yang Dibicarakan

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 08:40 WIB
putin-langsung-temui-dubes-iran-usai-helikopter-presiden-ebrahim-raisi-hilang-ini-yang-dibicarakan
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Sumber: Pavel Bednyakov, RIA Novosti/kremlin.ru)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin langsung temui Duta Besar (Dubes) Iran Kazem Jalali setelah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi hilang.

Helikopter yang membawa Raisi dilaporkan jatuh dan hilang di daerah pegunungan Provinsi Azerbaijan Timur, Minggu (19/5/2024).

Selain Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian juga ikut dalam perjalanan dengan helikopter tersebut.

Baca Juga: Reaksi Arab Saudi dan Negara Arab atas Hilangnya Helikopter yang Angkut Presiden Iran Ebrahim Raisi

Hingga saat ini, kondisi Raisi dan penumpang helikopter lainnya belum diketahui, karena lokasi jatuhnya masih belum ditemukan.

Mendengar kabar tersebut, Putin yang merupakan salah satu sekutu Iran, langsung bertemu dengan Dubes Iran untuk Moskow Kazem Jalali.

Jalali pun mengungkapkan detail pertemuannya dengan Putin.

“Meski Minggu adalah hari libur di Rusia, Tuan Putin melakukan pertemuan pukul 10 malam dengan kehadiran pejabat senior dari pertahanan negara, dan aparat keamanan serta atas undangan tersebut saya menghadiri pertemuan ini sebagai duta besar Republik Islam,” tuturnya dilansir dari IRNA.

Ia mengungkapkan Menteri Pertahanan Rusia Andrey Belousov, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Sergei Shoigu, dan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Valery Gerasimov hadir dalam pertemuan itu.

Juga hadir Menteri Pertahanan Pemulihan Bencana, Gawat Darurat dan Pertahanan Sipil Alexander Korenkov, Asisten Khusus Presiden Igor Levitin dan seorang pejabat dari Organisasi Keamanan Federal.

“Tuan Putin pertama kali berbicara kepada saya, dan mengatakan bahwa mereka sangat sedih atas kecelakaan helikopter yang dialami Presiden Iran, dan siap melakukan apa pun yang diperlukan untuk membantu,” ujar sang dubes Iran.

Menurutnya, Putin mengatakan bahwa ia sangat khawatir dan menyesalkan hal ini.

“Pastikan untuk menyampaikan pesan saya kepada Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam, bahwa kami siap melakukan apa pun yang diperlukan,” ujarnya menirukan ucapan Putin.

Baca Juga: Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi Jatuh dan Belum Ditemukan, Rusia Kirim Tim Penyelamat

Menurut Jalali, pada pertemuan itu, Putin juga mengumumkan bahwa negaranya sudah menyiapkan dua pesawat dengan 50 pasukan terbaik negaranya untuk memasuki area jatuhnya pesawat.

“Sebagai tambahan, dua helikopter Rusia siap melakukan operasi gabungan dari Armenia pada Senin (20/5/2024) pagi,” ucapnya.

Ia mengatakan dirinya telah memberitahu Putin mengenai kondisi cuaca saat ini, saat ditanya mengenai detail insiden, dan apakah ada sinyal yang diterima dari helikopter tersebut.


 




Sumber : IRNA




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x