Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia dan China Segera Tanda Tangani Kontrak Pembangunan Pipa Gas Power of Siberia-2

Kompas.tv - 18 Mei 2024, 10:35 WIB
rusia-dan-china-segera-tanda-tangani-kontrak-pembangunan-pipa-gas-power-of-siberia-2
Rusia dan China akan segera menandatangani kontrak untuk proyek pipa gas Power of Siberia-2, yang akan mengalirkan gas Rusia ke China, kata Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak seperti dikutip oleh Interfax pada Kamis malam, 16/5/2024. (Sumber: Swissinfo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS TV - Rusia dan China akan segera menandatangani kontrak untuk proyek pipa gas Power of Siberia-2, yang akan mengalirkan gas Rusia ke China, kata Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak seperti dikutip oleh Interfax pada Kamis malam, 16/5/2024.

Rusia lama mendiskusikan pembangunan pipa Power of Siberia-2 yang akan membawa 50 miliar meter kubik gas alam per tahun dari wilayah Yamal Rusia utara ke China melalui Mongolia.

Novak, orang kepercayaan Presiden Vladimir Putin untuk urusan minyak dan gas, merupakan bagian dari delegasi resmi Rusia yang sedang berkunjung ke China, meskipun CEO Gazprom Alexei Miller tidak ikut.

Putin dan Presiden China Xi Jinping berjanji untuk memulai "era baru" kemitraan strategis dalam kunjungan tersebut, karena pemimpin Rusia itu semakin bergantung pada China untuk mendukung ekonominya yang sedang berperang.

"Kami berencana untuk segera menyelesaikan tinjauan dan menandatangani kontrak untuk pembangunan pipa gas dengan kapasitas 50 miliar meter kubik gas melalui wilayah Mongolia," kata Novak dalam siaran televisi negara Rossiya-1, mengacu pada pipa Power of Siberia-2.

Moskow dan Beijing juga sedang mengerjakan "proyek baru lainnya", tambah Novak.

Ide untuk pipa ini telah lama diajukan oleh Rusia, tetapi menjadi semakin mendesak karena Moskow mencari pengganti Eropa sebagai pelanggan gas utamanya dengan beralih ke China.

Pipa sepanjang 2.600 km ini dapat mengalirkan 50 miliar meter kubik gas per tahun, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan pipa Nord Stream 1 yang kini tidak berfungsi, yang menghubungkan Rusia ke Jerman di bawah Laut Baltik.

Baca Juga: Laut Merah Memanas, Qatar Kirim Gas Alam Cair Lewat Jalur yang Berbeda

Pipa Power of Siberia 1 membentang sepanjang 3.000 km melalui Siberia dan masuk ke provinsi Heilongjiang di timur laut China. Rusia dan China akan segera menandatangani kontrak proyek pipa gas Power of Siberia-2, yang akan mengalirkan gas Rusia ke China, kata Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak hari Kamis malam, 16/5/2024. (Sumber: Petro Times Vietnam)

Pipa Power of Siberia yang pertama membentang sepanjang 3.000 km melalui Siberia dan masuk ke provinsi Heilongjiang di timur laut China.

Menurut penelitian Pusat Kebijakan Energi Dunia di Universitas Columbia, CGEP, pipa gas Power of Siberia-2 (PS-2) yang dirancang dengan kapasitas 50 miliar meter kubik per tahun (bcm/y) bisa mengimbangi hampir setengah dari penurunan ekspor gas pipa Rusia ke Uni Eropa antara tahun 2021 dan 2023.

Kremlin telah secara terang-terangan ingin mempercepat proyek ini, namun nasibnya masih belum pasti karena China belum berkomitmen untuk proyek ini.

Dalam ekspor gas alam, geopolitik menjadi pertimbangan utama bagi Rusia. Moskow menganggap gas sebagai alat yang kuat dalam berurusan dengan negara-negara di seluruh Eurasia.

Hingga tahun 2010-an, gas banyak digunakan sebagai "mata uang geopolitik" di wilayah pasca-Soviet: Rusia menawarkan gas dengan harga di bawah pasar sebagai imbalan atas keselarasan geopolitik atau kontrol atas infrastruktur energi yang penting.

Perhitungan serupa kemungkinan juga terjadi dengan PS-2. Dengan menjual volume besar gas murah ke China, Rusia bisa mengikat Beijing dalam aliansi geopolitik yang lebih erat.

Namun, daya tawar Rusia dengan China jauh lebih lemah dibandingkan dengan negara-negara satelitnya di dekade sebelumnya.

Meyakinkan China untuk berkomitmen pada proyek sebesar ini selama perang akan menjadi kudeta geopolitik bagi Moskow, menunjukkan kepada Barat dan negara-negara Selatan bahwa Rusia mampu memperdalam hubungan energinya dengan China meskipun dalam situasi perang.



Sumber : Straits Times / CGEP



BERITA LAINNYA



Close Ads x