Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Remehkan Mahkamah Internasional, Sebut Tuduhan Afrika Selatan Hanya Lelucon Murahan Belaka

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 19:32 WIB
israel-remehkan-mahkamah-internasional-sebut-tuduhan-afrika-selatan-hanya-lelucon-murahan-belaka
Wakil Afrika Selatan Cornelius Scholtz, Vusimuzi Madonsela dan wakil Israel Gilad Naom, Tamar Kaplan Tourgeman dan Avigail Frisch Ben Avraham menunggu sidang Mahkamah Internasional, di Den Haag, Belanda, Kamis , 16/5/2024. Israel mengatakan di persidangan Mahkamah Internasional hari Jumat, 17/5/2024, bahwa Afrika Selatan mengejek tuduhan mengerikan tentang genosida. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

DEN HAAG, KOMPAS TV - Israel mengatakan di persidangan Mahkamah Internasional (ICJ) hari Jumat, (17/5/2024) bahwa Afrika Selatan “mengejek tuduhan mengerikan tentang genosida.”

"Konflik bersenjata tidak sinonim dengan genosida," kata wakil jaksa agung Israel Gilad Noam kepada panel yang terdiri dari 15 hakim internasional.

Pengadilan ini sedang mengadakan putaran ketiga sidang untuk langkah-langkah darurat yang diminta oleh Afrika Selatan, yang ingin pengadilan memerintahkan gencatan senjata di Gaza.

Afrika Selatan mengatakan kepada Mahkamah pada hari Kamis bahwa situasi di Gaza telah mencapai "tahap baru dan mengerikan" dan mendesak para hakim untuk memerintahkan penghentian operasi militer Israel.

Seorang pengunjuk rasa yang berteriak "pembohong" sempat mengganggu sidang di pengadilan tertinggi PBB, saat Israel membela operasi militernya di Gaza.

Sidang di Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, dihentikan sebentar kurang dari satu menit ketika petugas keamanan mengawal seorang perempuan keluar dari galeri publik.

Baca Juga: Israel Ketar-ketir Mahkamah Internasional Akan Perintahkan Penghentian Serangan ke Rafah

Hakim ketua Nawaf Salam, ketiga dari kanan, membuka sidang di Mahkamah Internasional, di Den Haag, Belanda, Kamis, 16 Mei 2024. Pengadilan tinggi PBB membuka sidang selama dua hari dalam kasus yang dibawa oleh Afrika Selatan untuk disidangkan apakah Israel perlu mengambil tindakan tambahan untuk meringankan penderitaan di Gaza yang dilanda perang. (Sumber: AP Photo)

Membela tindakan Israel di Gaza, pengacara Israel Tamar Kaplan-Tourgeman mengatakan Israel telah mengirimkan bahan bakar dan obat-obatan, "Israel mengambil langkah luar biasa untuk meminimalkan kerugian pada warga sipil di Gaza," katanya.

Delegasi Israel tampak lebih kecil dari pada sidang-sidang sebelumnya. Menurut Noam, beberapa pengacara mereka tidak bisa hadir dengan pemberitahuan yang begitu singkat.

Negara tersebut diberitahu pada hari Senin bahwa sidang akan diadakan pada hari Kamis dan Jumat. Ini "secara signifikan mempengaruhi" persiapan mereka, kata Noam.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x