Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap, Ternyata Ini Alasan Kim Jong Un Naik Kereta Antipeluru ke Moskow Temui Putin

Kompas.tv - 12 September 2023, 22:05 WIB
terungkap-ternyata-ini-alasan-kim-jong-un-naik-kereta-antipeluru-ke-moskow-temui-putin
Foto ini dari tanggal 10 September 2023 yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara menunjukkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, melambaikan tangan dari sebuah kereta di Pyongyang, Korea Utara, saat ia berangkat ke Rusia. Jurnalis independen tidak diberikan akses untuk meliput acara yang digambarkan dalam gambar ini yang didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara. Isi dari gambar ini sesuai dengan yang diberikan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Teks berbahasa Korea pada gambar yang disediakan oleh sumbernya berbunyi: KCNA, yang merupakan singkatan dari Korean Central News Agency. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

Dalam kunjungannya ini, Kim Jong Un memilih menggunakan kereta, alih-alih pesawat terbang yang sering kali digunakan oleh banyak kepala negara lain.

Lantas kenapa Kim Jong Un menaiki kereta dalam kunjungannya ke luar negeri?

Dilansir dari Al Jazeera, sejak memegang kekuasaan pada 2011, Kim Jong Un telah melakukan tujuh perjalanan internasional dan melintasi perbatasan ke Korea Selatan sebanyak dua kali, di mana sebagian besar ia menunggangi kereta.

Pada kunjungannya ke Beijing pada 2018 silam dan pertemuan puncak tahun 2019 di Hanoi dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Kim Jong Un selalu menggunakan kereta.

Kesukaan Kim Jong Un naik kereta tidak lepas dari pengaruh ayahnya, Kim Jong Il, yang diketahui memiliki ketakutan akan terbang.

Alhasil, Kim Jong Il membatasi perjalanan luar negerinya hanya pada perjalanan darat ke Tiongkok dan Rusia dengan kereta lapis baja.

Bahkan, Kim Jong Il pernah naik kereta dari Pyongyang ke Moskow pada tahun 2001, menempuh jarak 20.000 km selama 24 hari.


Selain itu, Kim Jong Il juga diketahui meninggal saat berada di kereta pada 2011 silam akibat serangan jantung.

Baca Juga: Naik Kereta AntiPeluru, Kim Jong Un Tiba di Rusia untuk Bertemu Vladimir Putin

Kereta yang digunakan oleh Kim Jong Il dan ayahnya sendiri serta pendahulunya, pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, sekarang dipajang di Istana Peringatan Kumsusan di Pyongyang, tempat jenazah kedua pemimpin disemayamkan.

Bukan Kereta Biasa, melainkan Benteng Bergerak

Meski kereta yang biasa digunakan para pemimpin Korea Utara hanya buatan sebuah pabrik lokal di Pyongyang, kereta ini sangat aman hingga dijuluki sebagai Benteng Bergerak.

Menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan, kereta-kereta yang dimiliki Kim Jong Un memiliki jendela antipeluru serta dinding dan lantai yang diperkuat untuk melindungi dari bahan peledak.

Selain itu, kereta ini juga dilengkapi senjata serang serta helikopter yang bisa digunakan untuk melarikan diri apabila terjadi keadaan darurat. Konon, kereta Kim Jong Un pula dilengkapi dengan setidaknya 20 mobil antipeluru. 

Karena dilengkapi berbagai sistem pengamanan tersebut, kereta ini hanya berjalan dengan kecepatan yang terbilang lambat, hanya 55 kilometer (km) per jam. Sebagai perbandingan, mengutip BBC, kereta supercepat di London memiliki kecepatan sekitar 200 km per jam, sementara Shinkansen, kereta peluru Jepang, mampu menyentuh kecepatan hingga 320 km per jam.  

Selain dikenal karena kekuatannya, kereta Kim Jong Un juga menawarkan kemewahan.



Sumber : Al Jazeera/BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x