Kompas TV internasional kompas dunia

Menhan Rusia Sergey Shoigu Terlihat di Garis Depan, Pertama Kalinya sejak Pemberontakan Wagner

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 22:04 WIB
menhan-rusia-sergey-shoigu-terlihat-di-garis-depan-pertama-kalinya-sejak-pemberontakan-wagner
Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu, Senin (26/6/2023) terlihat di lapangan melakukan inspeksi dan berbicara dengan pasukan, dalam video yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Ini adalah penampilannya yang pertama kali diketahui secara publik sejak terjadinya pemberontakan kelompok bayaran Wagner (Sumber: TASS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu, Senin (26/6/2023) terlihat di lapangan melakukan inspeksi dan berbicara dengan pasukan, dalam video yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Ini adalah penampilannya yang pertama kali diketahui secara publik sejak terjadinya pemberontakan kelompok bayaran Wagner.

Melansir laporan TASS, tidak ada suara dalam video tersebut, dan belum jelas di mana atau kapan kunjungan tersebut dilakukan.

Jenderal Shoigu terlihat dalam pesawat bersama Jenderal Nikiforov dan mendengarkan laporan di pos komando yang dijalankan gugus tempur Zapad (barat dalam bahasa Rusia).

Saluran TV Kementerian Pertahanan Rusia, Zvezda, mengatakan Jenderal Shoigu, yang terlihat sehat dan tenang, mendengarkan laporan dari Letnan Jenderal Yevgeny Nikiforov, komandan kelompok tersebut, tentang situasi terkini di garis depan di Ukraina.

"Dalam perjalanan kerja di zona operasi militer khusus, Menteri Pertahanan Federasi Rusia Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu memeriksa pos komando depan salah satu formasi Kelompok Pasukan Barat," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Nikiforov juga melaporkan kepada Shoigu tentang pembentukan dan koordinasi pertempuran yang sedang berlangsung dari resimen cadangan yang baru dibentuk untuk Kelompok Pasukan Barat. 

Pada pertemuan dengan komando kelompok tersebut, Shoigu mencatat efisiensi tinggi dalam mengidentifikasi dan menghancurkan peralatan militer dan konsentrasi personel musuh di area taktis di wilayah tanggung jawab kelompok tersebut.

Jenderal Gerasimov belum terlihat sejak pemberontakan tentara bayaran, dan tidak ada kabar dari Kremlin tentang perubahan personel baru ketika menggambarkan kesepakatan yang mengakhiri pemberontakan tersebut.

Baca Juga: Mantan Petinggi CIA Sebut Prigozhin Berpeluang Mati secara Misterius di Belarusia, Ini Alasannya

Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu, hari Senin, (26/6/2023) terlihat di lapangan melakukan inspeksi dan berbicara dengan pasukan, dalam video yang dirilis oleh kementerian pertahanan. Ini adalah penampilannya yang pertama kali diketahui secara publik sejak terjadinya pemberontakan kelompok bayaran Wagner (Sumber: TASS)

Kremlin mengatakan masalah perubahan personel adalah hak prerogatif Presiden Vladimir Putin dan kemungkinan besar bukan bagian dari kesepakatan apa pun.

Zvezda mengatakan Jenderal Shoigu dalam kunjungannya mendengar laporan pembentukan pasukan cadangan baru untuk kelompok militer Zapad dan mencatat apa yang disebutnya sebagai "efisiensi tinggi" tentara Rusia dalam "mengidentifikasi dan menghancurkan peralatan militer musuh dan konsentrasi personel di area taktis".

Shoigu memberi tugas kepada Nikiforov untuk melanjutkan pengintaian aktif guna mengungkap rencana musuh untuk menggagalkan pergerakan pasukan Ukraina jauh di belakang garis depan, demikian laporan Zvezda.

Zvezda mengatakan Shoigu juga memperhatikan dengan khusus apa yang disebutnya sebagai "dukungan menyeluruh untuk pasukan yang terlibat dalam operasi militer khusus dan penciptaan kondisi untuk tempat tinggal yang aman bagi personel".


Pemberontak yang dipimpin oleh Prigozhin hari Sabtu merangsek menuju Moskow untuk menggulingkan apa yang mereka sebut sebagai kepemimpinan militer Rusia yang korup dan tidak kompeten, sebelum tiba-tiba berbalik ke daerah Ukraina timur yang dikuasai oleh Rusia, setelah mencapai kesepakatan dengan Kremlin yang diperantara oleh pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko.

Kesepakatan tersebut, sebagaimana dijelaskan secara publik oleh Kremlin, melihat penurunan tuduhan pidana terhadap para pemberontak sebagai imbalan atas kepulangan mereka ke kamp-kamp. Prigozhin akan pindah ke Belarusia dalam kesepakatan tersebut.

Dalam pemberontakannya, di mana dia merebut kendali atas markas militer Rusia di selatan Rusia, bos pemberontak Yevgeny Prigozhin menuntut Jenderal Shoigu dan Kepala Staf Umum Valery Gerasimov diserahkan kepadanya agar dia dapat "memulihkan keadilan".

Prigozhin menuduh kedua pria tersebut tidak kompeten dan melakukan korupsi. Prigozhin telah lama menghasut untuk menggulingkan mereka.

 

 




Sumber : TASS / Zvesda




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x