Kompas TV internasional kompas dunia

Bos Wagner Sebut Putin Membuat Kesalahan Besar, Militer Rusia Blokade Jalan ke Moskow

Kompas.tv - 24 Juni 2023, 18:26 WIB
bos-wagner-sebut-putin-membuat-kesalahan-besar-militer-rusia-blokade-jalan-ke-moskow
Polisi berjaga di depan poster dengan tulisan berbunyi "Bergabung dengan Kami Wagner" di sebuah jalan tol di luar St. Petersburg, Rusia, Sabtu, 24 Juni 2023. Pasukan keamanan Rusia merespons seruan pemberontakan bersenjata oleh pimpinan Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, dengan memerintahkan penangkapannya. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

MOSKOW, KOMPAS.TV - Bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, menilai Presiden Rusia Vladimir Putin membuat "kesalahan besar" karena menyebut pemberontakan kelompok tentara bayaran itu sebagai "pengkhianatan."

Prigozhin juga menolak tuntutan otoritas Rusia agar pihaknya meletakkan senjata.

"Presiden membuat kesalahan besar. Kami adalah patriot Tanah Air. Kami berjuang dan bertarung, keseluruhan Wagner. Dan tidak ada yang akan menyerahkan diri ke Dinas Keamanan Federal (FSB), Presiden, atau siapa pun," kata Prigozhin dalam pesan yang disebarkan pada Sabtu (24/6/2023), sebagaimana dikutip The Moscow Times.

"Kami tidak mau negara ini terus hidup berkubang korupsi, muslihat, dan birokrasi," lanjutnya.

Baca Juga: Pemberontakan Wagner: Pemakzulan Vladimir Putin Mulai Diserukan, Helikopter Militer Ditembak Jatuh

Sebelumnya, Putin berjanji akan menindak tegas pemberontakan Wagner yang menyeberang dari front Ukraina. Putin menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan militer dan meminta Wagner meletakkan senjata.

Per Sabtu, militer Rusia dilaporkan telah menerjunkan pasukan dan memblokade jalan raya menuju Moskow. Sebaliknya, Prigozhin menegaskan pihaknya tidak akan berhenti memberontak.

Wagner Group dilaporkan telah memasuki kota Voronezh setelah menduduki Rostov. Kelompok tentara bayaran itu mengeklaim sebuah helikopter Rusia mencoba menyerang, dan kemudian ditembak jatuh.

Pada Sabtu sore waktu Indonesia, depot minyak di Voronezh dilaporkan meledak karena serangan helikopter. Belum diketahui pihak yang meluncurkan serangan tersebut.

Baca Juga: Bos Wagner: Invasi ke Ukraina Tak Beralasan, Jumlah Serdadu Rusia yang Tewas 3-4 Kali Lebih Besar


 




Sumber : The Moscow Times




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x