Kompas TV internasional kompas dunia

Covid-19 di China Menggila, RS Kewalahan Dibanjiri Pasien Lansia, Banyak yang Meninggal

Kompas.tv - 23 Desember 2022, 17:37 WIB
covid-19-di-china-menggila-rs-kewalahan-dibanjiri-pasien-lansia-banyak-yang-meninggal
China sedang berjuang melawan gelombang infeksi baru yang menyerang keras para lansia tetapi secara resmi mencatat hanya segelintir kematian akibat virus corona (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

CHONGQING, KOMPAS.TV – "Meninggal, meninggal!" teriak seorang staf dengan alat pelindung lengkap saat dia menyerahkan sertifikat kematian kepada seorang perawat. Rumah sakit mereka di China tengah dibanjiri pasien Covid-19.

China sedang berjuang melawan gelombang infeksi baru yang menyerang keras para lansia, tetapi secara resmi mencatat hanya segelintir kematian yang terjadi akibat virus corona. Ini setelah pemerintah menetapkan kembali kriteria penghitungan kematian akibat Covid-19.

Di Rumah Sakit Rakyat No. 5 di Chongqing, lobi pintu masuk utama telah diubah menjadi bangsal Covid darurat, seperti dikutip dari France24, Jumat (23/12/2022).

Di atrium yang luas, sekitar selusin tempat tidur yang ditempati oleh sebagian besar pasien lanjut usia dengan infus IV ditutup dengan pita merah dan putih.

Di ruangan terdekat, sekitar 40 pasien kebanyakan lansia dan paruh baya duduk di sofa dan berbaring di tempat tidur menerima infus, beberapa terlihat batuk-batuk.

Seorang perawat mengatakan mereka semua mengidap Covid-19. 

Di unit perawatan intensif di sebelahnya, tiga orang berbaring di tempat tidur yang terpasang respirator dan peralatan pemantauan jantung.

Baca Juga: Wabah Covid-19 di China Kembali Memburuk, WHO Khawatir, Minta Data Spesifik

China sedang berjuang melawan gelombang infeksi baru yang menyerang keras para lansia tetapi secara resmi mencatat hanya segelintir kematian akibat virus corona (Sumber: France24)

Seorang kakek tua didorong dengan tandu, batuk hebat dan jelas kerepotan berjuang untuk bernapas.

Di unit gawat darurat, sekitar 50 orang mengantri untuk menerima triase atau prioritas penanganan berdasarkan tingkat kegawatdaruratan, termasuk pasien Covid-19. Seorang di depan antrian memberi tahu bahwa dia sudah menunggu lebih dari satu jam.

Ruang gawat darurat di rumah sakit berukuran sedang lainnya di pusat Kota Chongqing juga dibanjiri pasien. Sekitar 30 orang lanjut usia dipasangi infus, terjepit di antara tempat tidur dan kursi.



Sumber : Kompas TV/France24



BERITA LAINNYA



Close Ads x