Kompas TV internasional kompas dunia

Bola Gol 'Tangan Tuhan' Maradona Segera Masuk Lelang, Diperkirakan akan Laku Senilai Rp52 M!

Kompas.tv - 14 Oktober 2022, 20:31 WIB
bola-gol-tangan-tuhan-maradona-segera-masuk-lelang-diperkirakan-akan-laku-senilai-rp52-m
Pemain Argentina, Diego Maradona (tengah), mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986. Bola yang terlihat di foto adalah yang akan dilelang. (Sumber: Dok. FIFA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Bola yang digunakan Diego Maradona untuk mencetak golnya yang terkenal dengan nama 'Hand of God' atau 'Tangan Tuhan' di Piala Dunia 1986 saat Argentina melawan Inggris, akan dilelang bulan depan.

Seperti dilaporkan Straits Times, Jumat (14/10/2022), bola itu diperkirakan bisa bernilai hingga 3 juta poundsterling atau setara Rp52,2 miliar.

Penawaran akan dimulai pada 16 November, tetapi calon pembeli dapat mendaftar secara online mulai 28 Oktober, kata Graham Budd Auctions yang berbasis di London, seraya menambahkan pihaknya mengantisipasi bola itu akan dijual seharga antara 2,5 juta dan 3 juta poundsterling.

"Dengan sejarah seputar bola itu, kami mengharapkan lot ini menjadi sangat populer saat dilelang," Graham Budd, ketua rumah lelang tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Laga perempat final Piala Dunia 1986 antara Argentina dan Inggris berlangsung panas karena ketegangan politik setelah perang Falklands dan kemudian ditentukan oleh dua gol yang dicetak oleh mendiang Maradona.

Untuk gol yang pertama, Maradona berlari ke dalam kotak pinalti, melompat bersama kiper Inggris Peter Shilton dan meninju bola ke gawang.

Dia kemudian mengakui gol itu dicetak "sedikit dengan kepala Maradona, sedikit dengan tangan Tuhan".


Baca Juga: Jersey “Hand of God” Milik Maradona Terjual Seharga 127 Miliar Rupiah

Kaos 'Tangan Tuhan' Diego Maradona terjual Rp132 miliar dan menjadi memorabilia olahraga termahal sepanjang sejarah. (Sumber: Twitter @Sothebys)

Gol kedua terjadi hanya empat menit kemudian ketika Maradona melesat melewati lima pemain bertahan Inggris dan Shilton untuk mencetak "Gol Abad Ini", menurut jajak pendapat FIFA 2002.

Argentina memenangi pertandingan penuh dendam kesumat itu dengan skor akhir 2-1 setelah wasit Ali Bin Nasser membiarkan gol kontroversial pertama Maradona. Argentina kemudian keluar sebagai juara Piala Dunia 1986.

"Bola ini adalah bagian dari sejarah sepak bola internasional, rasanya waktu yang tepat untuk membaginya dengan dunia," kata Bin Nasser, pemilik bola.

Pada bulan Mei lalu, jersey yang dikenakan Maradona di perempat final Piala Dunia 1986, terjual di pelelangan dengan harga hampir USD9,3 juta atau sekitarRp143,7 miliar, lebih dari dua kali lipat nilai yang diprediksi Sotheby's.

Namun penjualan rekor untuk memorabilia olahraga yang dikenakan di lapangan telah dilampaui pada bulan September ketika jersey legenda bola basket Michael Jordan yang dipakai pada final NBA 1998, terjual seharga USD10,1 juta atau sekitar Rp156,1 miliar.

Sementara itu, Maradona meninggal pada usia 60 tahun karena gagal jantung pada November 2020.



Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x