Kompas TV internasional kompas dunia

Di Hari Pilpres AS, Joe Biden Awali Hari dengan Kunjungan ke Gereja dan Nyekar

Kompas.tv - 4 November 2020, 00:52 WIB
di-hari-pilpres-as-joe-biden-awali-hari-dengan-kunjungan-ke-gereja-dan-nyekar
Joe Biden disertai dua cucunya, Finnegan dan Natalie Biden, mengunjungi makam putranya Beau di kompleks gereja St. Joseph di Delaware, AS, Selasa (3/11). (Sumber: AP Photo / Carolyn Kaster)
Penulis : Vyara Lestari

DELAWARE, KOMPAS.TV – Di hari pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) pada Selasa (3/11), calon presiden (capres) dari Partai Demokrat Joe Biden mengawali hari dengan mengunjungi gereja di kampung halamannya dan nyekar – atau ziarah – ke makam putranya.

Selasa (3/11) pagi waktu setempat, Joe Biden dan Jill istrinya mengunjungi gereja Katholik St. Joseph di Wilmington, Delaware. Dua cucunya, Finnegan dan Natalie, juga turut serta. Biden biasa menghadiri misa minggu di gereja ini bila ia tengah berada di Delaware, kota asalnya.

Baca Juga: Biden Memprediksi Akan Menang Besar di Pennsylvania

Usai kunjungan singkat ke gereja, Biden, Jill dan kedua cucu mereka mengunjungi makam Beau, putra Biden yang meninggal, yang ada di halaman kompleks gereja St. Joseph.

Beau Biden meninggal akibat kanker otak di tahun 2015 silam. Kerap, dalam kampanyenya, Biden membagikan kisah keberanian mendiang putranya saat ditugaskan ke Irak sebagai utusan Garda Nasional Tentara Delaware.

Baca Juga: Pilpres AS, Trump Tower Dijaga Ketat Polisi

Mendiang istri pertama Biden, Neilia, dan putri Biden, Naomi, juga dimakamkan di kompleks gereja ini. Neilia – ibunda Beau – dan Naomi – adik Beau – meninggal dalam kecelakaan mobil pada 18 Desember 1972 saat tengah berbelanja untuk hari Natal. Beau yang saat itu berusia 4 tahun dan Hunter adiknya 3 tahun juga berada dalam mobil yang sama. Namun, keduanya berhasil selamat kendati menderita sejumlah luka-luka. Beau mengalami beberapa patah tulang, sementara Hunter mengalami luka di tengkoraknya. Beau dan Hunter mendorong ayah mereka, Joe Biden, untuk menikah lagi. Pada Juni 1977, Joe Biden menikahi Jill Jacobs. Putri mereka, Ashley, lahir di tahun 1981.

Joe Biden di teras rumah masa kecilnya di Scranton, Pennsylvania, Selasa (3/11). (Sumber: AP Photo / Carolyn Kaster)

Di hari pilpres AS, Biden juga mengunjungi rumah masa kecilnya di Scranton, Pennsylvania. Lebih dari 100 warga menyambut kedatangan Biden saat ia tiba.

Baca Juga: Di Hari Pemilihan, Melania Tak Kenakan Masker, Donald Trump Sibuk Menelepon Para Pendukung Setia

Biden tinggal di rumah mungil dua tingkat berwarna putih ini hingga ia berusia 10 tahun. Kini, rumah masa kecil Biden telah berpindah pemilik. Ellen Harding Casey, sang pemilik baru mempersilakan Biden masuk ke rumah. Ia juga meminta Biden membubuhkan tanda tangannya pada tembok rumah mereka.  




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x