Kompas TV internasional kompas dunia

Desa Penghasil Ular

Kompas.tv - 14 Agustus 2020, 09:00 WIB
desa-penghasil-ular
Desa Zisiqiao di provinsi Zhejiang, Tiongkok timur adalah rumah bagi 3 juta ular hasil budidaya (gambar Ilustrasi) (Sumber: Pixabay, Pexels)
Penulis : Agung Pribadi

Bagi sebagian orang, keberadaan ular identik dengan bencana, namun bagi Yang Hongchang serta sebagian besar penduduk Desa Zisiqiao di provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, ular adalah keberuntungan. Betapa tidak, dengan hewan melata ini tingkat perekonomian desa terus melonjak naik.

Dikutip dari South China Morning Post, pada tahun 1970 desa Zisiqiao terkenal sebagai desa yang sangat miskin kala itu. Yang, menderita Arthritis tulang belakang ketika ia berumur 18 tahun.

Ia lalu pergi kemana-mana untuk berobat, namun tak seorang dokterpun yang mampu menyembuhkannya. Hingga akhirnya seorang dokter tua menganjurkan dirinya untuk mengkonsumsi ular. Anehnya penyakitnya pun kemudian sembuh.

Sejak itu, Yang selalu mencari ular untuk ia pergunakan sebagai bahan pengobatan, langkahnya ini ternyata diikuti pula oleh sebagian besar penduduk desa. Ketika populasi ular di wilayah ia tinggal habis berkurang, Yang tetap berupaya membudidayakannya.

Di Tiongkok, ular telah digunakan sebagai obat sejak zaman kuno. Kantung empedu, bisa, tulang, dan cairan ular semuanya digunakan sebagai pengobatan Cina yang populer.  

Total pendapatan desa kami hanya sekitar 100.000 yuan pada tahun 1970-an namun sekarang penghasilan kami hampir mencapai 100 juta yuan, ujar Yang.

Dalam 30 tahun terakhir, Yang telah membangun tiga buah pabrik budidaya ular serta mengembangkan varietas obat yang berbahan ular. 

Untuk menunjukkan apresiasinya terhadap ular, Yang juga membangun museum ular di halaman rumahnya beberapa tahun yang lalu.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x