Kompas TV foto berita foto

Berita Foto Berlatih Taichi di Lorong Sempit Kota Yogyakarta

Kompas.tv - 12 September 2024, 22:00 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak kurang lebih 20 warga melakukan gerakan Taichi diiringi musik dan lagu Tionghoa, di pelataran Niyaka Cokrodirjan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, DIY, Kamis (12/9/2024) pagi.

Lokasi latihan Taichi tersebut terletak di antara rumah warga dalam gang kecil, di kawasan bantaran Sungai Code.

Aktivitas berlatih Taichi di tempat itu sudah berlangsung sejak kurang lebih setahun, berawal dari adanya seorang warga yang mengalami stroke ringan.

“Awalnya sekitar setahun yang lalu, tetangga saya sering latihan Taichi di Benteng (Vredeburg), dan di tempat lain. Kebetulan setahun lalu istri saya kena gejala stroke ringan, terus diajak latihan Taichi, siapa tahu bisa lebih baik kondisinya,” kata Jacky Putra, inisiator latihan Taichi di lokasi.

Ia menyebut, awalnya hanya empat orang yang mengikuti latihan Taichi, namun seiring berjalannya waktu kini sudah mencapai sekitar 25 warga.

Baca Juga: Atraksi Memukau Beladiri Khusus Chadrick Prajurit TNI AL di HUT ke-78 Korps Marinir

Sementara, Ketua Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia (ADYTI) Yogyakarta, Suharso Budiharjo, yang juga ada di lokasi latihan, menambahkan bahwa Taichi Yogyakarta sempat menjadi juara di Pekan Olahraga Senam (Pornam).

“Kemarin sempat juara 1 untuk jurus 8, juara 1 untuk tongkat, dan juara 2 untuk jurus 24. Jadi ikut Pornam,” jelasnya.

Taichi, kata dia, sebenarnya merupakan senam beladiri, namun gerakannya dibuat menjadi lebih lembut untuk kesehatan.

“Jadi hampir sama dengan wushu, kita pelankan untuk kesehatan supaya serasi dengan detak jantung.”

“Manfaatnya banyak, contoh secara pribadi saya kena serangan jantung fatal tahun 2010, kemudian saya coba ikut Taichi, ternyata kemudian setelah kontrol bulanan semua kondisinya normal,” ucapnya.

Dua perempuan pelatih Taichi sedang memimpin sejumlah warga di pelataran Niyaka Cokrodirjan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (12/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah perempuan melakukan salah satu gerakan Taichi saat berlatih di pelataran Niyaka Cokrodirjan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (12/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Gerakan pada senam beladiri Taichi disebut dapat menjaga kebugaran dan kesehatan. Sejumlah warga melakukan latihan Taichi di pelataran Niyaka Cokrodirjan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (12/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang perempuan paruh baya melakukan latihan senam beladiri Taichi di pelataran Niyaka Cokrodirjan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (12/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah warga melakukan latihan Taichi di pelataran Niyaka Cokrodirjan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (12/9/2024). Taichi disebut bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Suasana latihan senam beladiri Taichi di pelataran Niyaka Cokrodirjan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (12/9/2024) pagi. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x