Kompas TV foto berita foto

Ribuan Massa di Yogyakarta Gelar Aksi Unjuk Rasa Jogja Memanggil

Kompas.tv - 22 Agustus 2024, 15:32 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ribuan massa yang berasal dari berbagai elemen di Kota Yogyakarta, Provinsi DIY, melakukan aksi unjuk rasa mengecam revisi Undang-Undang Pilkada setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Massa juga mendesak agar pemerintah mendukung putusan MK menghargai putusan MK nomor 60 dan 70 tentang syarat pencalonan pilkada.

Aksi unjuk rasa damai tersebut dimulai dari lapangan parkir Abu Bakar Ali, kemudian dilanjutkan dengan longmarch menuju titik Nol Kilometer Yogyakarta, Kamis (22/8/2024).

"Kita juga menuntut KPU untuk segera mengubah aturan PKPU dan menghormati putusan MK segera mensosialisasikan ke masyarakat,” kata seorang peserta aksi.

Para peserta unjuk rasa saat berkumpul di Taman Parkir Abu Bakar ALi, Kota Yogyakarta, Kamis (22/8/2024), sebelum melakukan longmarch. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Ribuan massa dari berbagai elemen masyarakat melakukan longmarch saat berunjuk rasa di Kota Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Suasana aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat di Yogyakarta, mengecam pembahasan RUU PIlkada seusai adanya putusan MK, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Para peserta unjuk rasa melakukan longmarch dalam aksi yang dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat di Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang peserta aksi unjuk rasa menulis tuntutannya pada selembar kertas, di Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah perempuan peserta aksi unjuk rasa di Yogyakarta, membentangkan spanduk bertuliskan ojo sakarepe dewe atau jangan semaunya sendiri, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah peserta aksi unjuk rasa di Yogyakarta mengenakan topeng berbentuk babi, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah personel kepolisian berjaga mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan beragam elemen di Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Beberapa peserta aksi unjuk rasa sedang berorasi di atas mobil, di depan Istana Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Suasana aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh beragam elemen masyarakat di Kota Yogyakarta, Kamis (22/8/2024) mengecam pembahasan RUU Pilkada seusai adanya putusan MK soal syarat pilkada. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Salah satu spanduk yang dibawa dan dibentangkan di jalanan oleh para peserta aksi unjuk rasa di Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang perempuan melintas di antara para peserta aksi unjuk rasa di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x