Kompas TV foto berita foto

HUT ke-79 RI, Mahasiswa dan Warga Bantaran Kali Kibarkan 79 Bendera di Sungai Code Yogyakarta

Kompas.tv - 17 Agustus 2024, 15:08 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Warga Ledok Tukangan, Yogyakarta, yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Code, mengibarkan 79 bendera merah putih bersama Aliansi Mahasiswa Nusantara, di tengah sungai, pada Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI.

Ketua Aliansi Mahasiswa Nusantara Altingia Arie menjelaskan, pihaknya sengaja memilih pengibaran bendera di sungai untuk mengenang masa kecil.

“Sengaja kami memilih Sungai Code dan bertepatan dengan 17 Agustus, karena teman-teman itu kan pengen mengenang masa kecil, ini kan banyak yang anak rantau,” ucapnya sebelum pengibaran bendera.

“Kami ingin pengibaran itu tidak hanya foya-foya, jadi perayaan 17 Agustus itu bisa dengan sederhana dan dari pojok Kota Jogja, yaitu di pinggiran Kali Code.”

Ia mengatakan pihaknya memilih Sungai Code karena termasuk salah satu sungai legendaris yang membentang di Kota Yogyakarta.

Sedangkan pemilihan kawasan Ledok Tukangan, karena lokasinya dekat dengan pusat kota, sehingga aksesnya lebih mudah bagi masyarakat yang ingin melihat.

“Kebetulan kami untuk rangkaian 17 Agustus ini temanya adalah merajut masa depan menjaga peradaban, di mana sungai itu menjadi salah satu peradaban kita sebagai sumber kehidupan.”

Para peserta pengibaran 79 bendera itu berasal dari sejumlah kampus di Yogyakarta, warga sekitar Ledok Tukangan, serta perwakilan dari Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan petugas pemadam kebakaran.

Baca Juga: Perdana! Jokowi-Prabowo Upacara di IKN, Ma'ruf Amin-Gibran di Istana Merdeka

Kegiatan dirangkaikan dengan menyemprotkan air berwarna merah untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI, serta penulisan harapan warga untuk Indonesia ke depannya.

Sudarsono (68) selaku Ketua RT 08 RW 02 Ledok Tukangan menyebut warga menyambut baik kegiatan tersebut. Bahkan warga dari tiga RW bekerja sama untuk mempersiapkan acara itu.

“Dadakan, persiapannya getok tular (mulut ke mulut) saja. Kita sengkuyung bersama, pikul bersama, jadi ringan,” jelasnya seusai pengibaran 79 bendera.

Sejumlah warga Ledok Tukangan, Yogyakarta bersiap untuk mengibarkan 79 bendera merah putih di tengah Sungai Code, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah warga Ledok Tukangan menyiapkan bendera merah putih yang akan dikibarkan di Sungai Code, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Suasana pengibaran 79 bendera merah putih di Sungai Code oleh warga Ledok Tukangan, Yogyakarta, dan sejumlah mahasiswa serta elemen masyarakat, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah anak Ledok Tukangan, Kota Yogyakarta, turut mengibarkan bendera merah putih di Sungai Code, dalam rangka HUT ke-79 RI, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang anak peserta pengibaran 79 bendera merah putih di Sungai Code, Yogyakarta dalam rangka peringatan HUT ke-79 RI, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Warga menyemprotkan air dari dalam botol plastik seusai pengibaran 79 bendera merah putih di Ledok Tukangan, Sungai Code, Yogyakarta, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Warga Ledok Tukangan, Kota Yogyakarta, mengumpulkan sampah plastik seusai pengibaran 79 bendera merah putih di Sungai Code, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang warga Ledok Tukangan, Yogyakarta, mengepalkan tangan sebagai simbol semangat, seusai pengibaran 79 bendera merah putih di Sungai Code, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang petugas BPBD yang juga peserta pengibaran 79 bendera merah putih di Sungai Code, Ledok Tukangan, Yogyakarta, menuliskan harapannya di selembar spanduk, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Mahasiswa yang menjadi peserta pengibaran 79 bendera merah putih di Ledok Tukangan, Yogyakarta, menuliskan harapannya untuk Indonesia ke depan, seusai pengibaran bendera, Sabtu (17/8/2024), bertepatan dengan HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)

 




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x