Kompas TV foto berita foto

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Jumbo di Bukit Klangon Jelang HUT ke-79 RI

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 14:57 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

SLEMAN, KOMPAS.TV – Ratusan warga dari sejumlah elemen mengikuti upacara bendera menyongsong hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI di Bukit Klangon, Kelurahan Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat (16/8/2024).

Lurah Glagaharjo, Suroto, menuturkan upacara bendera tersebut sengaja dilaksanakan sehari sebelum HUT RI karena sifatnya menyongsong.

“Kedua, kenapa kita adakan hari ini, karena memang besok kita resmi ada upacara HUT ke-79 RI yang dilaksanakan oleh Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan,” jelasnya, sebelum upacara.

Upacara yang dilaksanakan di kaki Gunung Merapi itu merupakan yang keenam kalinya, dengan jumlah peserta undangan upacara sebanyak 300 orang dari berbagai elemen masyarakat.

“Ada pemuda, karang taruna, totalnya ada sekitar 300 an. Lepas dari undangan kita, warga dan pengunjung juga boleh ikut upacara.”

Sementara untuk ukuran bendera, ia menyebut sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni 6x9 meter.

Baca Juga: Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, dan Rahmat Gobel Dipastikan Hadir Upacara di IKN Besok

Suroto menambahkan, pelaksanaan upacara bendera di kawasan wisata tersebut juga tak lepas dari peristiwa sejarah.

Menurutnya, dulu para pejuang sempat terlibat pertempuran dengan penjajah di kawasan Cangkringan.

“Dulu memang para pejuang dulu ada pertempuran di sini. Jadi ini bukan hanya ada acara saja,” tambahnya.

Sebagai kegiatan rutin tahunan, antusiasme peserta upacara bendera menyongsong HUT RI tersebut semakin meningkat setiap tahunnya.

Bahkan sejumlah pengunjung pun telah mengagendakan untuk mengikuti upacara dengan bermalam atau camping di kawasan itu.

“Mereka sudah mengagendakan. Contohnya sejak tadi malam banyak pengunjung yang ada di sini karena mau mengikuti upacara,” tuturnya.

Anggota marching band bersiap mengiringi upacara bendera untuk menyongsong HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah personel TNI dan Polri menyiapkan bendera merah putih berukuran 9x6 meter untuk upacara bendera menyongsong HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah personel TNI, Polri, dan perwakilan elemen masyarakat membawa bendera merah putih yang akan dikibarkan dalam upacara menyongsong HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Para petugas upacara bersiap mengibarkan bendera merah putih dalam upacara menyongsong HUT ke-79 RI yang dilaksanakan di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Peserta upacara melakukan hormat bendera dalam upacara menyongsong HUT ke-79 RI yang dilaksanakan di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Upacara bendera menyambut HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024), diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Bendera merah putih berukuran 9x6 meter yang dikibarkan pada upacara menyongsong HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Personel marching band beratraksi seusai pelaksanaan upacara bendera menyongsong HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah personel marching band menunjukkan kebolehan seusai upacara bendera menyambut HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Upacara bendera menyambut HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024), dimeriahkan dengan penampilan marching band. (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)
Para siswi personel marching band berbaris menuju pulang seusai upacara bendera menyongsong HUT ke-79 RI di Bukit Klangon, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Kurniawan Eka Mulyana)

 




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x