Kompas TV foto berita foto

Berita Foto Penanaman Mangrove di Kawasan Pesisir Pantai Baros Bantul

Kompas.tv - 3 Agustus 2024, 22:10 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

BANTUL, KOMPAS.TV – Puluhan orang mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon mangrove atau bakau di Kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penanaman puluhan bibit pohon mangrove tersebut dilakukan pada Sabtu (3/8/2024) pagi hingga siang. Masing-masing peserta berkesempatan menanam satu batang bibit mangrove.

Jenis mangrove yang ada di Kawasan Konservasi Taman Pesisir Baros ada 5, yaitu Avicennia sp, Rhizophora sp, Bruguiera sp, Nypa frutican, dan Soneratia caseolaris yang merupakan jenis asli yang tumbuh di lokasi tersebut.

Saat ini kawasan konservasi itu dikelola oleh Keluarga Pemuda-Pemudi Baros (KP2B).

Baca Juga: Sururi, “Superhero” Mangrove Ajak Anak Muda jadi Pejuang Lingkungan

Penanaman mangrove di kawasan itu sudah dimulai sejak tahun 2003 lalu, dan hingga kini terus berlanjut.

Proses penanaman dimulai dengan pembagian bibit. Petugas konservasi kemudian menjelaskan cara mengikat batang mangrove pada bambu. Selanjutnya, para peserta menuju lokasi penanaman untuk mempraktikkan yang telah dijelaskan.

Bibit mangrove yang masih dalam proses penyemaian, di kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang petugas konservasi berjalan membawa bibit mangrove yang akan ditanam kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah peserta penanaman bibit mangrove berjalan di atas jembatan bambu di kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang petugas menunjukkan cara mengikat bibit mangrove pada batang bambu, di kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah peserta penanaman mangrove berjalan menuju lokasi tanam, di kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Peserta penanaman bekerja sama dengan petugas konservasi untuk menanam mangrove di kawasan Konservasi Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah peserta penanaman mangrove berjalan di area yang akan ditanami, di kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang peserta penanaman menunjukkan bibit mangrove yang akan ia tanam di kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah peserta penanaman berfoto dengan bibit mangrove yang akan mereka tanam, kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Dua peserta penanaman bekerja sama menanam bibit mangrove di kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x