Kompas TV foto berita foto

FOTO: Menikmati Keindahan Samudra Hindia di Pantai Menganti Kebumen

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 06:30 WIB
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

KEBUMEN, KOMPAS.TV - Angin sejuk langsung menyapa saat Kompas.tv tiba di kawasan wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024) sore.

Meski sinar matahari terik pada hari itu, angin yang bertiup dari arah pantai selatan Jawa terasa sejuk.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), udara sejuk sedang menerpa Pulau Jawa saat ini.

Hal itu, kata BMKG, ada hubungannya dengan Angin Monsun Australia yang bertiup ke arah Benua Asia dan melewati Samudra Hindia.

Pantai Menganti memang menghadap Samudra Hindia yang menghampar hingga cakrawala.

Airnya yang biru dan kehijauan ditimpa sinar matahari membuat siapa pun akan sulit untuk melepaskan pandangan.

Deburan ombak yang menghantam karang dengan latar perbukitan hijau, menambah pesona Pantai Menganti.

Di kawasan wisata ini, para pengunjung dapat mendatangi beberapa lokasi menarik, antara lain Jembatan Merah, Mercusuar, Tanjung Karangbata, Watu Mbolong, dan Lembah Menguneng. Semua objek wisata itu bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Istimewanya lagi, Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di daerah pesisir yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini.

Kawasan wisata Pantai Menganti terletak sekitar 40-an kilometer dari Kebumen Kota. Jika Anda naik sepeda motor dari kota, Pantai Menganti dapat dicapai dalam waktu sekitar 1-1,5 jam.

Penting untuk diketahui, rute yang harus ditempuh cukup ekstrem dengan tanjakan panjang dan turunan yang curam dan berkelok.

Jalan aspal menuju Pantai Menganti, sebagian besar dalam kondisi baik, meski di beberapa titik ada jalanan yang rusak.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Menganti, Anda yang menaiki sepeda motor akan dikenakan biaya Rp20.000 per orang.

Di kawasan wisata tersebut sudah tersedia penginapan dan tenda untuk disewa. Anda akan melihat tenda berwarna-warni tampak berjejer menghadap Samudra Hindia. Ada juga saung-saung yang disewakan seharga Rp10.000.

Untuk urusan makan, tidak perlu khawatir. Karena di kawasan wisata Pantai Menganti terdapat banyak warung makan.

Jika Anda ingin menepi sejenak dari rutinitas, Pantai Menganti bisa menjadi salah satu alternatif yang layak untuk dipertimbangkan.

Pengunjung sedang membaca sebuah papan informasi di kawasan wisata Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Salah satu spot di kawasan wisata Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024) pagi. (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Samudra Hindia dilihat dari atas bukit di kawasan wisata Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024) pagi. (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Saung-saung kayu yang disewakan seharga Rp10.000 di kawasan wisata Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Tenda-tenda berjajar di atas bukit yang menghadap Samudra Hindia di kawasan wisata Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Seorang pengunjung berjalan di atas bebatuan di bibir pantai di kawasan wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Mercusuar di kawasan wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, terlihat di sebelah kanan menghadap Samudra Hindia, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Matahari mengintip di balik perbukitan di kawasan wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)
Sebuah tenda didirikan menghadap Samudra Hindia di kawasan wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)

 




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x