Kompas TV entertainment seni budaya

Bentara Budaya Gelar Pameran Seni Rupa Komunikasih vs Komunikacau di Jakarta

Kompas.tv - 27 September 2024, 22:00 WIB
bentara-budaya-gelar-pameran-seni-rupa-komunikasih-vs-komunikacau-di-jakarta
Bentara Budaya menggelar Pameran Kartun Komunikasih vs Komunikacau di Bentara Budaya Art Gallery di Lantai 8, Menara Kompas, Jakarta, 26 September-08 Oktober 2024 (Sumber: Dok Pribadi)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Paradoks. Istilah itu tepat menggambarkan dinamika komunikasi manusia belakangan ini. Ketika teknologi informasi menyediakan sarana komunikasi yang kian canggih, manusia justru kerap mengalami masalah dalam komunikasi. 

Soal kecanggihan peralatan komunikasi, Revolusi Industri 4.0 telah menawarkan berbagai kemudahan yang menakjubkan bagi kehidupan manusia.

Nyaris tidak ada satupun aspek kebutuhan komunikasi yang tidak terpenuhi oleh inovasi teknologi. Prinsip Otomasi, analisis big data, teknologi robot, "artificial intelligence" (AI), hingga "internet of things" (IoT) membuat arah komunikasi semakin interaktif, terintegrasi, bergerak secara otomatis, dan terus berputar tiada henti.

Dengan "smartphone" di tangan, kita dapat  memenuhi semua keperluan komunikasi sehari-hari, mulai dari kepentingan pekerjaan, keluarga, sosial, pendidikan, kesehatan, bahkan hobi yang sangat pribadi. Cukup dengan beberapa klik saja, semua terpenuhi. Tak perlu lagi tatap muka karena semua ditautkan via jaringan internet (online).

Baca Juga: Yuk, Kembangkan Minat Sains si Kecil di Gramedia Science Day 2024!

Untuk urusan rapat di kantor jarak jauh, misalnya, kita bisa manfaatkan aplikasi video “meeting”. Video itu bersifat seketika dan melampaui jarak antar negara atau benua sehingga kita bisa melakukan pertemuan secara “live” dalam satu waktu dengan peserta dari banyak negara berbeda. 

Untuk bercengkrama bersama keluarga, kita bisa gunakan pesan, panggilan suara, atau panggilan video. Media sosial menyediakan berbagai fitur untuk simpan data, foto, video dan berbagai dengan jaringan pertemanan secara global. Terkait Hobi, platform “marketplace” mempermudah kita untuk belanja pernak-pernik minat yang sangat khusus.

Demikian canggih alat komunikasi terkini sehingga kita senantiasa dibanjiri beragam informasi dari berbagai arah. Semua berjalan selama 24 jam penuh. Komunikasi tidak hanya bersifat dua arah, tetapi banyak arah, interaktif, dan berlangsung serentak dalam satu momen yang melibatkan banyak orang.

Dulu, siaran langsung dimonopoli media penyiaran konvensional yang menguasai frekuensi tertentu. Sekarang, semua orang bisa membuat siaran langsung yang terkoneksi jaringan internet global.

Kemajuan teknologi informasi jelas memberikan banyak keuntungan bagi kita semua. Namun, kemajuan teknologi informasi juga berpotensi mendatangkan berbagai masalah.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x