Kompas TV entertainment musik

The Cure Rilis Lagu Baru Alone setelah 16 Tahun, Album Terbaru Songs of a Lost World Siap Meluncur

Kompas.tv - 26 September 2024, 23:30 WIB
the-cure-rilis-lagu-baru-alone-setelah-16-tahun-album-terbaru-songs-of-a-lost-world-siap-meluncur
Gambar sampul yang dirilis oleh Fiction/Capitol Records ini menampilkan Songs of a Lost World oleh The Cure. (Sumber: Capitol Records)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV — Kabar baik untuk para penggemar musik gothic! Setelah penantian panjang, The Cure akhirnya merilis lagu baru. 

Lagu berjudul Alone ini menjadi karya terbaru mereka dalam 16 tahun terakhir dan pertama kali diputar di acara radio Mary Anne Hobbs di BBC 6 Music pada Kamis pagi.

Tidak hanya merilis lagu baru, band asal Inggris ini juga mengumumkan album terbaru mereka, Songs of a Lost World, yang dijadwalkan rilis pada 1 November. 

Pengumuman ini disambut antusias oleh para penggemar, yang sudah lama menantikan karya baru dari The Cure sejak album terakhir mereka pada 2008, 4:13 Dream.

Sebelum perilisan, The Cure sempat menggoda penggemar di media sosial dengan membagikan cuplikan lagu Alone

Dalam cuplikan tersebut, terdengar jelas ciri khas band ini, mulai dari gitar berlapis, perkusi metalik, hingga synth yang memikat. 

Di bagian akhir lagu, sang vokalis, Robert Smith, masuk dengan lirik yang penuh nuansa muram, "This is the end of every song that we sing.”

Baca Juga: Dewa Rap LL Cool J Segera Terbitkan Album Baru Duet Bareng Eminem, Bakal Jadi Hit Andalan

The Cure tampil di Smoothie King Center di New Orleans pada hari Rabu, 10 Mei 2023. (Sumber: The New Orleans Advocates)

Dalam siaran pers, Smith menjelaskan, lagu Alone menjadi kunci bagi album ini.

"Lagu ini membuka jalan untuk keseluruhan album; begitu kami menyelesaikan rekamannya, saya tahu ini adalah lagu pembuka, dan saya bisa melihat keseluruhan album mulai terbentuk," kata Smith. 

Ia juga menceritakan betapa sulitnya menemukan kalimat pembuka yang tepat, sebelum akhirnya terinspirasi oleh puisi Dregs karya penyair Inggris Ernest Dowson.

"Begitu kami menyelesaikan rekaman, saya ingat puisi itu, dan di momen itulah saya sadar lagu ini, dan album ini, nyata."

Meski The Cure telah aktif melakukan tur sejak album terakhir mereka, tidak ada rilisan baru hingga saat ini. 

Pada 2019, Smith sempat mengatakan kepada Rolling Stone bahwa band ini sudah merekam 19 lagu dengan durasi antara 10-12 menit per lagu. 

Saat itu, mereka berencana merilis album baru tepat pada Halloween, tetapi hal tersebut tidak terlaksana.

Kini, The Cure bergabung dalam daftar band-band yang merencanakan reuni besar pada 2024. 

Selain The Cure, beberapa band legendaris yang juga membuat comeback tahun ini termasuk Oasis, yang mengakhiri hiatus 15 tahun mereka, serta Linkin Park, yang kembali dengan penyanyi baru, Emily Armstrong dari Dead Sara, setelah meninggalnya Chester Bennington pada 2017.


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x