Kompas TV entertainment selebriti

Tito Jackson, Anggota The Jackson 5 yang Bikin Dunia Bernyanyi, Meninggal di Usia 70 Tahun

Kompas.tv - 16 September 2024, 14:18 WIB
tito-jackson-anggota-the-jackson-5-yang-bikin-dunia-bernyanyi-meninggal-di-usia-70-tahun
Tito Jackson, salah satu anggota Jackson 5 yang terkenal, berpose untuk sebuah potret di Los Angeles, 24 Juli 2019, untuk mempromosikan proyek solonya, versi baru dari lagunya tahun 2017, One Way Street. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LOS ANGELES, KOMPAS.TV – Kabar duka datang dari dunia musik. Tito Jackson, salah satu anggota grup pop legendaris Jackson 5, meninggal dunia di usia 70 tahun. 

Nama Tito mungkin tak setenar adiknya, Michael Jackson si Raja Pop, tapi perannya di Jackson 5 turut mengukir sejarah musik yang hingga kini masih dikenang.

Tito adalah anak ketiga dari sembilan bersaudara keluarga Jackson yang tak hanya melahirkan Michael dan Janet Jackson, tetapi juga banyak lagu hit yang terus diputar hingga sekarang. Lagu-lagu seperti ABC, I Want You Back, dan I'll Be There menjadi ikon di era 1970-an dan memikat hati penggemar musik di seluruh dunia.

Dalam pernyataan yang diunggah di Instagram, ketiga anak Tito — TJ, Taj, dan Taryll —mengungkapkan kesedihan mereka.

“Dengan hati yang berat, kami mengumumkan bahwa ayah kami tercinta, Tito Jackson, anggota Rock & Roll Hall of Fame, telah meninggalkan kami. Kami sangat terkejut, sedih, dan patah hati. Ayah kami adalah sosok yang luar biasa dan peduli pada semua orang di sekitarnya,” tulis mereka.

Sebagai anggota Jackson 5, Tito tidak sering tampil di depan panggung. Ia lebih banyak berperan sebagai pemain gitar dan penyanyi latar, sementara saudara-saudaranya, terutama Michael dan Jermaine, lebih menonjol dalam vokal utama. Namun, tanpa Tito, suara khas Jackson 5 mungkin tak akan sekuat itu.

Baca Juga: Putri Elvis Presley dan Eks Istri Michael Jackson, Lisa Marie Presley, Meninggal di Usia 54 Tahun

Michael Jackson, tengah, ibunya Katherine Jackson, kanan, dan saudara laki-lakinya Tito Jackson, kiri, meninggalkan Pengadilan Tinggi Santa Barbara County di Santa Maria, California, 7 April 2005, setelah satu hari lagi memberikan kesaksian dalam persidangan pelecehan seksual anak yang dituduhkan ke Michael Jackson. (Sumber: AP Photo)

Keluarga Jackson dan Warisan Musik Dunia

Tito lahir dengan nama lengkap Toriano Adaryll Jackson pada 15 Oktober 1953. Ia tumbuh besar di Gary, Indiana, bersama saudara-saudaranya dalam lingkungan keluarga yang penuh musik. 

Keberhasilan Jackson 5 menjadi salah satu cerita sukses paling ikonik dalam sejarah musik, di mana mereka melejitkan beberapa lagu nomor satu di tangga lagu, serta membawa musik soul dan pop ke level yang baru.

Namun, di tengah kesuksesan besar itu, Tito memutuskan untuk fokus membesarkan ketiga putranya, TJ, Taj, dan Taryll, yang kemudian membentuk grup musik 3T. 

Meski begitu, Tito tetap menjaga kecintaannya pada musik. Baru pada 2016, Tito merilis album solo pertamanya yang berjudul Tito Time dan disusul dengan lagu One Way Street pada 2017. Bahkan, ia sempat bekerja sama dengan Stevie Wonder dalam lagu Love One Another yang juga menampilkan 3T.

Meskipun Tito tak pernah mencapai level kesuksesan seperti adik-adiknya dalam hal popularitas solo, ia tetap dikenang sebagai bagian penting dari mesin sukses Jackson 5. 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x