Kompas TV entertainment seni budaya

Jadwal Pameran "Gelegar, Road to 21 Years of Bumilangit" di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.tv - 8 Agustus 2024, 15:08 WIB
jadwal-pameran-gelegar-road-to-21-years-of-bumilangit-di-bentara-budaya-jakarta
Pameran Bumilangit yang bertajuk Gelegar digelar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan 8-14 Agustus 2024 (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka menyambut 21 tahun, pameran Bumilangit yang bertajuk Gelegar digelar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, resmi dibuka pada Rabu (7/8/2024) malam. 

Pameran Bumilangit ini rencananya akan diselenggarakan selama satu minggu mulai dari 8-14 Agustus 2024 mulai pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Pameran ini akan memperlihatkan sederet karya orisinal dan remaster dari para maestro komik atau seniman cerita gambar (cergam). Seperti komik-komik asli dari Sri Asih, Godam, Si Buta dari Gua Hantu, Gundala, dan masih banyak lagi karya seniman asli Indonesia. 

Hal itu disampaikan oleh Oyasujiwo selaku kurator dalam Gelegar. 

"Di sini kita bisa lihat karya-karya yang dibuat dalam tiga periode cergam (cerita bergambar). Jadi dimulai saat Bumilangit berdiri tahun 2003 oleh Bapak Bismarka. Tahun 2003 Bumilangit berdiri di periode ke-1 yang dilakukan adalah proses restorasi cergam," kata Oyasujiwo dalam pembukaan Gelegar Road to 21 Years of Bumilangit, Rabu (7/8/2024) malam. 

Baca Juga: Wisata Laut Lampung, Bisa Berenang Ditemani Ikan Cantik

Peresmian Gelegar dibuka oleh Bimo Kurniatmoko selaku Chief Strategic Business Development Officer, Bumilangit Entertainment. 

Dia berharap banyak orang yang nantinya bisa menyaksikan karya-karya komik asli Indonesia lantaran menjadi bagian penting dari sejarah. 

Adapun pameran orisinal cergam ini menghadirkan karya dari Mansyur Daman, Gerdi WK, Rio Purbaya, Erwin Prima Arya, Fajar Sungging, Iwan Nazif dan Iput Ukra. 

Akan ada pula sesi talkshow pada tanggal 9 dan 10 Agustus 2024 mendatang dengan narasumber Erwin Prima Arya, Fajar Sungging, Iput Ukra, Mansyur Daman dan Gerdi WK. 

Berikut jadwal dan rundown Pameran "Gelegar, Road to 21 Years of Bumilangit" di Bentara Budaya Jakarta.

Baca Juga: Pansel Nyatakan 80 Peserta Seleksi Capim dan Dewas KPK Lulus Tes Tulis

Artist Talk & Book Signing Session
Sesi 1

Cergam Manual atau Digital

Narasumber : Erwin Prima Arya (remaster artist), Fajar Sungging (creative & writer Bumilangit), Iput Ukra (graphic artist)

Jumat 9 Agustus pukul 16.00

Sesi 2

Bagaimana Bertahan Berkarya Lintas Generasi

Narasumber : Mansyur Daman, Gerdi WK

Sabtu 10 Agustus pukul 14.00

Workshop

1. Character IP Collaboration in Diversity
Narasumber :

Agung Rachmawan (Bumilangit Licensing & Partnership)




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x