Kompas TV entertainment film

4 Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton saat 17 Agustus

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 18:00 WIB
4-film-tentang-kemerdekaan-indonesia-cocok-ditonton-saat-17-agustus
Foto ilustrasi. Pasukan Paskibraka bertugas menaikan Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-70 RI di Istana Merdeka, Senin (17/8/2015). Ini deretan film tema kemerdekaan yang cocok untun ditonton saat 17 Agustus. (Sumber: TRIBUNNEWS / DANY PERMANA)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 akan diperingati pada 17 Agustus 2024. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memeriahkan hari penting ini, salah satunya dengan menonton film-film patriotik tentang kemerdekaan Indonesia.

Film tentang kemerdekaan Indonesia dapat memberikan pelajaran berharga mengenai sejarah bangsa. Film-film ini juga dapat memupuk rasa bangga karena menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Melansir laman IMDb, berikut film tentang kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Bacaan Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli dan Sudah Diperbarui, Ini Link Download PDF

Daftar Film Tema Kemerdekaan Indonesia

1. Kadet 1947

Kadet 1947 adalah film bergenre drama aksi yang dirilis pada 2021. Film ini mengisahkan perjuangan para pemuda dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Salah satu rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia ini berfokus pada aksi heroik tujuh calon perwira dalam operasi pengeboman di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Mereka adalah Sutardjo Sigit (Baskara Mahendra), Mulyono (Kevin Julio), Suharnoko Harbani (Ajil Ditto), Bambang Saptoadji (Samo Rafael), Sutardjo (Wafda Saifan), Kapoet (Fajar Nugra), dan Dulrachman (Chicco Kurniawan).

Saat itu, Perang Dunia II baru saja berakhir dan Belanda kembali berusaha merebut kekuasaan dari tangan Indonesia. Sutardjo Sigit, Mulyono, Suharnoko, serta keempat rekan mereka saling bahu-membahu untuk mempertahankan sebuah lokasi pangkalan udara.

Sigit yang mengetahui di desanya ada pesawat Jepang yang jatuh, lalu mencoba mengajak kawannya untuk mengambil mesin pesawat tersebut. Aksi dari para kadet ini diambil dari peristiwa serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) terhadap markas pertahanan Belanda.

2. Perburuan

Film tentang kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Perburuan yang dirilis pada 2019. Film yang diadaptasi dari karya Pramoedya Ananta Toer ini bercerita tentang pasukan Pembela Tanah Air (PETA) yang melawan penjajah jepang di Indonesia.

Film perburuan yang dibintangi Adipati Dolken ini berawal dari kegagalan tentara Pembela Tanah Air (PETA) melawan tentara Nippon Jepang di Indonesia.




Sumber : IMDb




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x