Kompas TV entertainment musik

Dewa Rap LL Cool J Segera Terbitkan Album Baru Duet Bareng Eminem, Bakal Jadi Hit Andalan

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 03:45 WIB
dewa-rap-ll-cool-j-segera-terbitkan-album-baru-duet-bareng-eminem-bakal-jadi-hit-andalan
LL Cool J tampil di MTV Video Music Awards di Newark, NJ, pada 12 September 2023. Rapper sekaligus aktor itu akan merilis The FORCE, album pertamanya dalam 11 tahun. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV - Rapper, aktor, dan penulis pemenang Grammy, LL Cool J, akan merilis album barunya The Force pada September ini, setelah 11 tahun vakum dari dunia musik. Album ini menjadi penanda 40 tahun perjalanan kariernya di dunia hip-hop.

Selama masa vakumnya, LL COOL J tidak sepenuhnya meninggalkan musik.

"Saya selalu mencoba-coba di studio dari waktu ke waktu," katanya dalam wawancara dengan Associated Press melalui Zoom.

Namun, dalam dua tahun terakhir, inspirasi datang kembali. Dia mulai bekerja dengan seorang produser dan lebih serius mengejar pembuatan musik.

Namun, dia menghadapi kendala. "Saya merasa bahwa lagu yang diberikan produser ini lebih bagus daripada lagu yang saya tulis," ujarnya.

Kemudian, dia bermimpi bertemu almarhum Phife Dawg dari A Tribe Called Quest. "Dia bilang, 'Hei, musik baru yang kamu buat itu keren, bro.' Tapi ekspresi wajahnya seperti kucing Cheshire, seperti dia berbohong pada saya," ceritanya.

Hal itu menjadi panggilan untuk bertindak. Sesuatu dalam dirinya memintanya untuk menghubungi Q-Tip dari A Tribe Called Quest untuk bekerja sama. Langkah ini berhasil: Q-Tip memproduseri setiap track dan membuat semua beat dalam album The Force, yang akan dirilis pada 6 September.

LL Cool J menggambarkan proses pembuatan album studio ke-14-nya sebagai "kembali merancang dari awal dan kembali belajar cara nge-rap, memastikan saya benar-benar terinspirasi oleh apa yang saya lantunkan. Itulah sebabnya tidak ada banyak filter di album ini."

"LeBron, Steph, Jordan, dan Kobe, mereka semua kembali merancang dari awal, mereka selalu mencoba untuk membuat diri mereka lebih baik," lanjutnya. "Saya tidak mencoba mengikuti tren, dan saya tidak mencoba mengulang apa yang pernah saya lakukan sebelumnya."

The Force adalah rekaman rap yang inventif, dipengaruhi oleh karier panjang LL Cool J, menyentuh berbagai tema seperti kekuatan motivasi diri (Passion), penuh gaya (Murdergram Deux, kolaborasi yang telah lama dinantikan dengan Eminem), sensualitas (Proclivities featuring Saweetie), dan kisah-kisah peringatan seperti yang terlihat dalam single utama, Saturday Night Special menampilkan dedengkot hip hop, Rick Ross dan Fat Joe.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x