Kompas TV entertainment selebriti

Jajal Kereta Cepat Jakarta Bandung, Raffi Ahmad hingga Vino G Bastian Ngaku Bangga

Kompas.tv - 14 September 2023, 06:30 WIB
jajal-kereta-cepat-jakarta-bandung-raffi-ahmad-hingga-vino-g-bastian-ngaku-bangga
Artis Raffi Ahmad saat mencoba Kereta Cepat Jakarta Bandung bersama Presiden Jokowi dan figur publik lainnya, Rabu (13/9/2023). (Sumber: Setkab)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah artis Tanah Air mengungkapkan rasa bangga usai menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (13/9/2023).

Salah satu artis yang berkesempatan mengikuti uji coba KCJB ialah Raffi Ahmad. Ia mengaku senang dan bangga bisa mencoba moda transportasi publik yang baru ini.

“Senang banget bersama Bapak Jokowi uji coba langsung, sebentar lagi beroperasi dan saya juga sebagai orang yang lahirnya di Bandung, kerja sekarang di Jakarta merasa senang sekali menggunakan kereta cepat ini bisa mengurai kemacetan,” ungkap Raffi, Rabu (13/9/2023).

Raffi pun menilai, kehadiran kereta cepat di Indonesia menjadi bukti bahwa Indonesia semakin maju.

“Bapak Jokowi terima kasih banyak, ini adalah salah satu bukti bahwa Indonesia semakin maju dan kereta cepat ini sangat membanggakan sekali buat kita Indonesia,” ucap suami dari aktris Nagita Slavina itu.

Baca Juga: Pengamat Transportasi: Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Argo Parahyangan Punya Pasar Sendiri

Senada, pemain film Vino G. Bastian turut merasa bangga dengan kehadiran kereta cepat di Indonesia. 

Vino mengaku bangga karena kereta yang biasanya hanya dapat dinikmati di luar negeri tersebut, kini sudah ada di Indonesia.

“Biasanya naik kereta cepat di luar negeri sekarang sudah ada di Indonesia. Saya rasa sih ini jadi gerbang yang luar biasa banget untuk kemajuan Indonesia. Terima kasih Pak Jokowi, terima kasih Indonesia dan bangga menjadi warga Indonesia,” kata Vino, dilansir dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Rabu pagi tadi (13/9/2023), Presiden Jokowi dan rombongan mencoba KCJB dari Stasiun Halim pada pukul 09.00 WIB menuju Stasiun Padalarang di Kabupaten Bandung Barat.

Waktu tempuh kereta cepat yang dikendarai Presiden dan berbagai figur publik itu berlangsung selama 30 menit.

Baca Juga: Jokowi Perdana Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung setelah 4 Kali Tinjau Proyek: Inilah Peradaban

Sesampainya di Stasiun Padalarang pada pukul 09.35 WIB, rombongan transit dan melanjutkan perjalanan ke pusat Kota Bandung menggunakan Kereta Feeder.

"Nyaman, dan pada kecepatan tadi 350 (km/jam) tidak terasa sama sekali, baik saat duduk maupun saat berjalan. Sehingga inilah peradaban, kecepatan,” kata Jokowi kepada wartawan di Stasiun KCJB Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Ia berharap, kehadiran moda transportasi kereta cepat dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum guna mengurangi kemacetan hingga polusi udara di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

“Karena setiap tahun kita kehilangan karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu sudah lebih dari Rp100 triliun,” kata Presiden Jokowi.

Terkait tarif KCJB, Jokowi mengatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak manajemen.

“Nanti yang menentukan juga manajemen Kereta Cepat berdasarkan juga nanti tentu saja konsultasi dengan Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Meski tak disubsidi pemerintah, Jokowi mengatakan tarif KCJB akan melalui proses kalkulasi yang matang, sehingga tetap terjangkau.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x