Kompas TV entertainment lifestyle

Adakah Penjelasan Ilmiah Soal Zodiak? Simak Penjelasan Ini

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 12:06 WIB
adakah-penjelasan-ilmiah-soal-zodiak-simak-penjelasan-ini
Ilustrasi zodiak. (Sumber: Freepik/pikisuperstar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Zodiak menjadi salah satu topik yang tak ada habisnya, khususnya bagi masyarakat dan Genz. Namun, tahukah Anda bahwa ada penjelasan ilmiah soal zodiak.

Zodiak adalah ramalan yang didasari pada kecocokan waktu lahir seseorang dengan rasi bintang. Ada 12 jenis zodiak sesuai dengan bulan dalam kalender masehi.

Melansir Grid, kata zodiak berasal dari bahasa Yunani. Namun, terdapat juga pendapat yang mengatakan sistem zodiak ini diciptakan oleh bangsa Mesir Kuno sekitar abad ke-4 Sebelum Masehi.

Baca Juga: Paling Baruntung! 4 Zodiak yang Diprediksi Rezekinya Mengalir Deras Sepanjang 2022

Umumnya, zodiak digunakan untuk mengetahui prediksi peruntungan, seperti nasib, keuangan, karir, hingga asmara. Prediksi ini digunakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam obrolan seputar zodiak, Daniel dan Sesha mengatakan sebagian orang berzodiak gemini dianggap sebagai orang yang paling menyebalkan. Loh, kok bisa ya?

Simak perbincangannya melalui siniar Momen Satu Kali dalam episode bertajuk, “Semua Serba Zodiak!”

Lantas, bagaimana penjelasan ilmiah soal zodiak?

Membaca horoskop bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai kesenangan semata. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya adakah penjelasan sains mengenai horoskop atau astrologi?

Melansir Scientific American, zodiak atau yang dikenal dengan istilah astrologi didefinisikan sebagai keyakinan bahwa fenomena astrologi memiliki kekuatan untuk mempengaruhi setiap kejadian dalam kehidupan.

Kekuatan tersebut digunakan untuk membangkitkan harapan akan masa depan atau mengetahui kepribadian seseorang.

Menurut Berkeley Edu, astrologi memiliki premis dasar bahwa benda-benda langit, seperti matahari, bulan, planet, dan rasi bintang berhubungan dengan peristiwa duniawi.

Dalam hal ini, ada seperangkat aturan tentang posisi relatif dan pergerakan benda-benda langit tersebut guna memprediksi peristiwa di kehidupan.

Posisi dan pergerakan benda-benda langit ini juga digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x