Kompas TV entertainment selebriti

10 Tahun di Penjara, Angelina Sondakh Aktif Bermusik hingga Trauma Dengar Politik

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 11:47 WIB
10-tahun-di-penjara-angelina-sondakh-aktif-bermusik-hingga-trauma-dengar-politik
Angelina Sondakh disebut merasa gugup jelang kebebasannya dari penjara. Ia diketahui dijatuhi hukuman 10 tahun penjara atas kasus korupsi Wisma Atlet Palembang pada 2012 lalu. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengungkapkan bahwa Angelina Sondakh aktif bermusik selama 10 tahun di dalam penjara.

Diketahui, Angelina Sondakh telah mendekam di penjara selama kurang lebih satu dekade terkait kasus korupsi Wisma Atlet Palembang.

"Selama menjalani pidana di Lapas Perempuan Jakarta, Angelina Sondakh telah mengikuti bet against Malam program Pembinaan Kemandirian dan Pembinaan Kepribadian," ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti dalam keterangan tertulisnya yang diterima KOMPAS.TV, Rabu (2/3/2022).

Salah satunya, Angelina Sondakh tergabung dalam grup nyanyi Volareta (voice of Lapas Perempuan Jakarta) dan tampil dalam beberapa event yang diselenggarakan internal LPP Kelas IIA Jakarta.

Baca Juga: Ditjen PAS Bocorkan Kegiatan Angelina Sondakh Selama di Penjara, Hafal Alquran hingga Menang Lomba

"(Dia) aktif bermusik (bermain gitar dan cajon), membaca puisi dan Ikut berpartisipasi dalam acara sendratari 'MERANGKAI ASA' membacakan puisi berjudul 'DI PUING RERUNTUHAN'," tambahnya.

Angelina Sondakh Usai Bebas

Angelina Sondakh mendapat cuti menjelang bebas (CMB) selama 3 bulan sehingga ia akan bebas pada Maret 2022 ini. Hal itu berdasarkan pemenuhan persyaratan administratif dan substantif.

Kuasa Hukum Angelina, Krisna Murti mengatakan belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai apa yang akan dilakukan kliennya usai bebas.

Kendati demikian, hal pertama yang akan dilakukan Angelina Sondakh adalah menghabiskan waktu bersama keluarganya, khususnya sang anak, Keanu Massaid.

“Dia (Angie) belum punya rencana apa-apa, yang pasti mau minta maaf sama opa oma lalu ingin bersama-sama dengan Keanu,” tutur Krisna, melansir Kompas.com.

Baca Juga: Angelina Sondakh Jelang Bebas Usai 10 Tahun Dipenjara, Kuasa Hukum: Pikiran Galau, Sulit Tidur

Trauma Politik

Krisna mengatakan sempat memiliki pembicaraan dengan Angelina Sondakh mengenai apakah kliennya akan kembali berpolitik usai bebas.

Saat itu, Angelina Sondakh menjawab pertanyaan Krisna dan menegaskan bahwa ia tidak akan kembali ke dunia politik.

“Saya tanya apakah mau kembali ke politik, dia bilang, ‘Mas Krisna bisa enggak ngomong yang lain, jangan ngomong politik’, kenapa?, ‘saya trauma terhadap politik’, saya enggak mau lagi ke dunia politik,” ujar Krisna menirukan pecakapannya dengan Angelina.

Sebagai informasi, Angelina Sondakh menjadi tahanan KPK pada 2012 lalu. Ia terbukti menerima suap sebesar Rp2,5 miliar dan USD 1,2 juta dalam anggaran di Kementrian Pemuda dan Olahraga dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 
 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x