Kompas TV entertainment selebriti

10 Tahun Tinggal di Indonesia, Aktor dari Belanda Ini Ingin Jadi WNI: Aku Mau Tua di Sini

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 11:46 WIB
10-tahun-tinggal-di-indonesia-aktor-dari-belanda-ini-ingin-jadi-wni-aku-mau-tua-di-sini
Hans de Kraker, aktor asal Belanda yang ingin jadi WNI. (Sumber: Instagram)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hans de Kraker namanya. Aktor berkewarganegaraan Belanda ini mengungkapkan keinginannya untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Hans de Kraker merupakan aktor yang telah memintangi puluhan judul film di Indonesia sejak tahun 2012. Kepada Wartakota, Hans de Kraker menceritakan pengalamannya keliling dunia hingga memilih Indonesia sebagai pelabuhan terakhirnya.

Hans bilang, dia sudah meninggalkan Belanda sejak 35 tahun yang lalu dan memutuskan untuk berkeliling dunia. Keputusan besar tersebut diambil karena Hans ingin belajar mandiri.

Baca Juga: Chris Brown Digugat dengan Tuduhan Pemerkosaan, Dituntut Rp287 Miliar

“Selesai sekolah di SMA, aku menuju ke Arizona dan tidak balik lagi (ke Belanda),” kata Hanz, dikutip Wartakota, Senin (31/1/2022).

Berbagai tempat pernah disinggahi, seperti Amerika Serikat, Perancis, Italia, Turki, hingga Australia.

Pada 2012, Hans tiba di Jakarta. Dia sempat bekerja di bidang IT sebelum terjun ke dunia perfilman. Dia bermain akting setelah mengenal mendiang Ria Irawan.

“Di Indonesia aku main film setelah kenal Ria Irawan. Aku suka tinggal di Indonesia karena orangnya ramah,” ungkapnya.

Hans mengatakan Agustus 2022 mendatang, dia resmi tinggal di Indonesia selama satu dekade. Hans de Kraker menghabiskan sepiluh tahun itu untuk bermain film dan menambah relasi di Indonesia.

Sejumlah judul film mengantarkannya menjadi seorang aktor yang berbakat. Dia memerankan karakter Jean Marais dalam film Bumi Manusia.

Baca Juga: Jajal Profesi Produser Film, Nikita Mirzani: Bosen Jadi Artis

Berkat keuletannya, mantan kekasih Paramitha Rusady ini membeli sebuah apartemen sebagai tempat tinggal.

“Aku bisa beli di apartemen. Ada peraturan baru, orang asing bisa beli tanah tapi hanya bisa di beberapa daerah. Apartemen udah bisa di mana aja,” dia menjelaskan.

Betah berada di Indonesia, Hans lantas bilang bahwa dia ingin mengubah kewarganegaraannya menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Disinggung soal alasannya ingin menjadi WNI, ia mengaku ingin menua di Indonesia. Dia bahkan sudah berpindah agama ke Islam dan mengubah namanya menjadi Abdul Raham Hans de Kraker.

“Aku sudah keliling dunia, aku mau tua di sini,” ungkap Hans.

Baca Juga: Resmi Akuisisi Persikota Tangerang, Prilly Latuconsina: Perempuan Juga Bisa!

Selain itu, Hans dilelahkan oleh beberapa proses administratif karena statusnya WNA sehingga sulit untuk mengurus sesuatu.

Kendati demikian, Hans de Kraker belum bisa memastikan kapan dia akan mengurusi pemberkasan perpindahan kewarganegaraan.




Sumber : Kompas TV/Wartakota




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x