Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

E-Commerce Expo 2024: MRAT Dorong Transformasi Digital dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Kompas.tv - 23 Oktober 2024, 00:00 WIB
e-commerce-expo-2024-mrat-dorong-transformasi-digital-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia
Event talkshow Accelerating the Path Forward, Together (Sumber: Dok Pribadi)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Deni Muliya

TANGERANG, KOMPAS.TV - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), perusahaan terkemuka di bidang kosmetik, jamu, dan produk kesehatan, mendukung transformasi ekonomi digital di Indonesia.

Hal itu dibuktikan ketika menghadirkan Bingar Egidius Situmorang, selaku Presiden Direktur MRAT sebagai salah satu pembicara di ajang bergengsi E-Commerce Expo 2024.

Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan SIRCLO ini mengusung tema "Accelerating the Path Forward, Together” bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Dalam pemaparannya dengan tema “Menavigasi Pasar Indonesia untuk Pertumbuhan Bisnis Global”, Bingar Egidius mengangkat isu-isu strategis terkait peluang dan tantangan yang dihadapi pelaku e-commerce, khususnya dalam konteks pengembangan pasar Indonesia dan ekspansi global.

Baca Juga: Studi: Istirahat Sejenak saat Berjalan Kaki Ternyata Penting untuk Bakar Kalori

"Ekonomi digital akan mempercepat transformasi sektor-sektor ekonomi. Dengan adopsi teknologi digital, produktivitas dan daya saing Indonesia di pasar global akan meningkat. E-commerce juga membuka akses finansial yang inklusif, memungkinkan lebih banyak pelaku usaha terlibat," ujar Bingar.

Kehadiran MRAT dalam acara ini menjadi sangat penting, mengingat perusahaan telah berhasil memanfaatkan e-commerce untuk mendorong penjualan dan memperluas pasar, baik di dalam maupun luar negeri.

Bingar menjelaskan bagaimana MRAT telah menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Baik lokal maupun internasional guna memastikan strategi bisnis digital yang efektif.

“Kami berfokus pada pemahaman pasar lokal, regulasi pemerintah, dan segmentasi pasar yang tepat, serta integrasi teknologi seperti social commerce untuk expansi distribusi produk baik secara offline maupun online bagi konsumen,” tambahnya.

Sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 45 tahun, MRAT terus menggabungkan kearifan lokal dengan inovasi modern.

Strategi digital yang diterapkan MRAT melalui e-commerce memungkinkan perusahaan menjangkau audiens yang lebih luas, serta meningkatkan pertumbuhan bisnisnya di pasar global.

“Industri e-commerce terbukti mampu menggerakkan roda bisnis, memberikan keamanan, kenyamanan, dan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam aktivitas ekonomi digital,” ujar Bingar.

Acara E-Commerce Expo 2024 menghadirkan lebih dari 70 pakar dari berbagai sektor, dengan tujuan menciptakan sinergi kuat antara pelaku industri e-commerce di Indonesia.

Chief Executive Officer dan Founder SIRCLO, Brian Marshal menyoroti transformasi digital adalah elemen kunci untuk mencapai visi Indonesia Digital 2045.

"Teknologi merupakan pilar utama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Potensi ekonomi digital terus berkembang, dan kolaborasi antara pelaku usaha akan membuka peluang baru di pasar global," kata Marshal.

Baca Juga: Begini Harapan Para Santri pada Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto

Dengan pertumbuhan e-commerce yang diproyeksikan mencapai 30,5 persen pada 2024, lanjut Marshal, Indonesia diprediksi menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tertinggi di dunia.

Dengan demikian, kata Marshal, e-Commerce Expo 2024 menjadi platform penting untuk memperkuat sinergi antara pemangku kepentingan dan mengangkat ekonomi digital Indonesia ke level global.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x