Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Menteri Basuki Sebut Pembangunan 2 Infrastruktur Ini Harus Dilanjutkan Prabowo Kalau Mau Makmur

Kompas.tv - 12 Oktober 2024, 23:30 WIB
menteri-basuki-sebut-pembangunan-2-infrastruktur-ini-harus-dilanjutkan-prabowo-kalau-mau-makmur
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada dua infrastruktur penting yang pembangunanya harus dilanjutkan di pemerintahan baru. Yakni sumber daya air dan konektivitas. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada dua infrastruktur penting yang pembangunanya harus dilanjutkan di pemerintahan baru. Yakni sumber daya air dan konektivitas.

"Jadi air dan konektivitas. Itu syarat untuk bisa mencapai kemakmuran," kata Basuki di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Sleman, DI Yogyakarta (DIY), Sabtu (12/10/2024). 

Menurut Basuki, ketahanan air merupakan aspek vital untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan energi nasional.

Untuk itu, pemerintahan saat ini terus menggenjot pembangunan sebanyak 61 bendungan di berbagai wilayah dengan 53 di antaranya telah diresmikan.

Baca Juga: Gratis! Telkom Buka Pendaftaran Sertifikasi Web Programmer hingga Mobile Apps Developer

Dia berharap pada tahun ini hingga tahun depan seluruh pembangunan bendungan itu dapat dituntaskan.

"Ini harus terus dilakukan, walaupun sudah membangun 61 (bendungan) kelihatannya banyak, itu kita masih perlu banyak lagi. Jadi orang kalau mau hidup baik itu harus kecukupan air," ujar dia seperti dikutip dari Antara. 

Selain sumber daya air, lanjut Basuki, konektivitas merupakan infrastruktur yang tidak kalah penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, pemerintahan sekarang terus mengebut berbagai proyek pembangunan jalan tol mulai dari Tol Sumatera yang diperkirakan tuntas lima tahun ke depan, Tol Trans Jawa, dan Tol Probolinggo - Banyuwangi.

Baca Juga: KAI Bangun 2 Stasiun Baru di Jalur KRL Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x