Kompas TV ekonomi loker

Diumumkan Besok, Berikut Cara dan Jadwal Masa Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024 Kemenag

Kompas.tv - 16 September 2024, 16:12 WIB
diumumkan-besok-berikut-cara-dan-jadwal-masa-sanggah-hasil-seleksi-administrasi-cpns-2024-kemenag
Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surabaya sesaat sebelum mengerjakan soal di Gelanggang Remaja, Surabaya, Senin (10/2/2020) (Sumber: Kompas/Bahana Patria Gupta)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA,  KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Selasa, 17 September 2024.

Informasi ini berdasarkan Pengumuman Nomor: P-3103/SJ/B.II.1/ΚΡ.00.1/08/2024 terkait proses pengadaan CPNS Kemenag tahun 2024.

Bagi pelamar yang berhasil lolos seleksi administrasi, status mereka akan tercatat sebagai Memenuhi Syarat (MS).

Hal ini menandakan bahwa dokumen yang diajukan sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Sebaliknya, jika status pelamar adalah Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka peserta dinyatakan belum lolos seleksi administrasi.

Bagi mereka yang tidak lulus, masih ada kesempatan untuk mengajukan sanggahan melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 3 hari sejak pengumuman dirilis.

Panitia seleksi pengadaan ASN Kementerian Agama akan melakukan verifikasi ulang terhadap sanggahan yang diajukan.

Mereka akan mengevaluasi ulang dokumen pelamar dan memutuskan apakah kesalahan tersebut berasal dari pelamar atau bukan.

Sanggahan hanya akan diterima jika ditemukan kesalahan dari pihak panitia.

Proses pengajuan sanggahan akan dimulai pada 18 hingga 20 September 2024, di mana peserta yang tidak lulus dapat memanfaatkan periode ini untuk memberikan klarifikasi.

Pelamar disarankan untuk terus memantau pengumuman resmi dan memastikan seluruh dokumen sudah sesuai dengan persyaratan.

Baca Juga: Sufmi Dasco: Lusa, Ridwan Kamil dan Suswono Umumkan Tim Pemenangan Lengkap

Berikut langkah-langkah mengajukan sanggah dalam seleksi administrasi CPNS 2024 di Kemenag:

  1. Ajukan Sanggah: Peserta yang dinyatakan TMS bisa memilih tombol “Ajukan Sanggah”.
  2. Isi Form Sanggah: Formulir sanggah akan menampilkan informasi mengenai persyaratan yang dianggap tidak terpenuhi, dokumen yang diunggah, serta kolom untuk memberikan alasan sanggah.
  3. Batas Waktu: Informasi batas waktu pengajuan sanggah akan tercantum di bagian bawah form.
  4. Akhiri Proses: Setelah yakin dengan alasan sanggah, peserta dapat mencentang disclaimer dan memilih tombol "Akhiri Proses Sanggah".
  5. Sanggah yang Tepat: Pastikan semua persyaratan yang tidak valid disanggah. Jika ada lebih dari satu dokumen tidak valid dan peserta hanya menyanggah sebagian, status tetap TMS.
  6. Pertimbangan Dokumen: Jika merasa dokumen tersebut memang tidak valid, peserta disarankan untuk tidak mengajukan sanggah.
  7. Konfirmasi Akhir: Setelah pengisian selesai, sistem akan menampilkan peringatan konfirmasi. Jika yakin, pilih “Iya” untuk melanjutkan, atau “Tidak” jika belum yakin.
  8. Sistem Notifikasi: Setelah memilih “Iya”, sistem akan menginformasikan bahwa pengajuan sanggah berhasil dan pelamar hanya bisa melakukan sanggah satu kali. Jika sudah pernah mengajukan sanggah, pelamar tidak dapat melakukannya lagi.
  9. Setelah sanggahan diajukan, halaman resume akan memperbarui status menjadi “Anda sudah pernah menyanggah. Harap menunggu jawaban sanggah dari instansi tersebut.” Jika masa sanggah telah berakhir, pelamar tidak dapat lagi mengajukan sanggah untuk hasil seleksi administrasi CPNS 2024.

Cara Cek Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2024 di Website

  • Kunjungi laman casn.kemenag.go.id atau kemenag.go.id
  • Lihat pada pengumuman terbaru terkait hasil seleksi administrasi CPNS

Baca Juga: 3 Link dan Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024 Kemenag, Ini Tanda Jika Lulus




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x