Kompas TV ekonomi loker

Seleksi CPNS 2024 di Pemkot Solo, Berikut Rincian Formasinya

Kompas.tv - 21 Agustus 2024, 19:59 WIB
seleksi-cpns-2024-di-pemkot-solo-berikut-rincian-formasinya
Foto ilustrasi. Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil dengan sistem computer assisted test (CAT) di kantor Badan Kepegawaian Negera Regional VI Medan, Sumatera Utara, Senin (27/1/2020). Info terkini terkait instansi-instansi yang membuka lowongan CPNS 2024. (Sumber: KOMPAS/NIKSON SINAGA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, telah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 dengan kuota sebanyak 250 formasi jabatan. 

Dari jumlah tersebut, 245 formasi diperuntukkan bagi pendaftar umum, sementara lima formasi lainnya disediakan khusus bagi penyandang disabilitas.

Pendaftaran ini telah dibuka sejak Senin, 19 Agustus 2024, dan akan berlangsung hingga Jumat, 6 September 2024, melalui jalur online.

Dwi Ariyanto, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo menjelaskan, alokasi kuota ini merupakan bagian dari kewajiban pemerintah untuk menyediakan formasi bagi penyandang disabilitas.

Dwi juga menambahkan, pendaftaran CPNS tahun ini berfokus pada formasi teknis, seperti tata kelola keuangan, infrastruktur, dan kewilayahan.

Untuk saat ini, formasi kesehatan dan pendidikan tidak dibuka karena akan dialokasikan untuk perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Sesuai pengajuan, kita mendapat 250 kuota dan kita diwajibkan untuk menyediakan kuota khusus bagi disabilitas. Dari 250 akan kita bagi menjadi dua, satu untuk umum sebanyak 245 kuota dan untuk kelompok khusus disabilitas sebanyak lima kuota” ujarnya Selasa (20/8/2024).

“Pada tahun 2024 ini kuota sebanyak 250 formasi diperuntukan untuk formasi teknis. Tidak membuka formasi untuk kesehatan maupun pendidikan. Karena formasi kesehatan dan pendidikan nantinya akan kita prioritaskan untuk perekrutan P3K. Karena potensi tenaga honorer kita masih banyak di situ” sambungnya dikutip dari Kompas.com.

Formasi yang dibuka mencakup bidang seperti akuntansi, ekonomi pembangunan, perencanaan wilayah, teknik sipil, komputer, ilmu pemerintahan, administrasi publik, dan manajemen, yang akan ditempatkan di kelurahan maupun kecamatan.

Proses pendaftaran CPNS 2024 dilakukan secara online, dan pelamar dapat mengunggah dokumen yang dibutuhkan kapan saja selama masa pendaftaran.

Persyaratan yang perlu dilampirkan mencakup surat lamaran, surat pernyataan yang sudah disediakan formatnya, meterai elektronik, scan ijazah, transkrip nilai, serta akreditasi perguruan tinggi.

Dokumen tambahan seperti surat sehat, SKCK, dan dokumen lainnya akan diminta setelah pelamar dinyatakan lolos seleksi.

Adapun kriteria usia bagi calon pelamar adalah minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Baca Juga: Tahun Lalu Sepi Peminat, Berikut Syarat dan Rincian Formasi Seleksi CPNS 2024 di Kemendagri

Daftar 250 Formasi CPNS 2024 Pemkot Solo dan Kualifikasi Pendidikannya

1. Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Pertama

  • S-1 Pariwisata: 4

2. Analis Data Ilmiah Ahli Pertama

  • S-1 Matematika: 1

3. Analis Kebakaran Ahli Pertama

  • S-1 Kimia: 2
  • S-1 Teknik Elektro / S-1 Teknik Sipil: 3

4. Analis Kebijakan Ahli Pertama

  • D-IV Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil: 4

5. Analis Ketahanan Pangan Ahli Pertama

  • S-1 Teknologi Pangan: 2

6. Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Pertama

  • S-1 Akuntansi: 7 Formasi Umum, 1 Formasi Khusus Penyandang Disabilitas

7. Analis Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Ahli Pertama

  • S-1 Teknik Industri: 1

8. Analis Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Ahli Pertama

  • S-1 Akuntansi: 1

9. Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Pertama

  • D-IV Ilmu Administrasi Negara / S-1 Ilmu Pemerintahan / S-1 Studi Pemerintahan / S-1 Administrasi Pemerintahan Daerah / S-1 Kebijakan Pemerintahan: 1
  • S-1 Administrasi Negara / S-1 Administrasi Pemerintahan Daerah / S-1 Administrasi Publik / S-1 Ilmu Pemerintahan / S-1 Kebijakan Pemerintahan / S-1 Studi Kebijakan Publik / S-1 Studi Pemerintahan: 8
  • S-1 Administrasi Negara / S-1 Administrasi Publik / S-1 Ilmu Pemerintahan / S-1 Kebijakan Pemerintahan / S-1 Studi Pemerintahan / S-1 Administrasi Pemerintahan Daerah: 1
  • S-1 Administrasi Negara / S-1 Kebijakan Pemerintahan / S-1 Studi Pemerintahan / S-1 Manajemen Pemerintahan / S-1 Administrasi Pemerintahan Daerah / S-1 Studi Kebijakan Publik / S-1 Ilmu Pemerintahan / S-1 Informatika / S-1 Sistem Informasi: 1

10. Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Pertama

  • S-1 Psikologi / S-1 Administrasi Negara / S-1 Kebijakan Pemerintahan / S-1 Studi Pemerintahan / S-1 Ilmu Pemerintahan / D-IV Administrasi Pemerintahan Daerah: 2

11. Asisten Perpustakaan Terampil

  • D-III Perpustakaan: 2

12. Auditor Ahli Pertama

  • S-1 Akuntansi: 5 Formasi Umum, 1 Fomasi Khusus Penyandang Disabilitas

13. Fasilitator Pemerintahan

  • S-1 Administrasi Publik / S-1 Ilmu Pemerintahan / D-IV Studi Kebijakan Publik / D-IV Administrasi Pemerintahan Daerah: 1
  • S-1 Administrasi Publik / S-1 Ilmu Pemerintahan / S-1 Studi Pemerintahan / D-IV Administrasi Pemerintahan Daerah: 52
  • S-1 Hukum: 1

14. Konselor SDM

  • S-1 Psikologi: 1

15. Mediator Hubungan Industrial Ahli Pertama

  • S-1 Hukum: 2




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x