Kompas TV ekonomi loker

Peluang Lolos Lebih Besar, Pemprov Jatim Jadi Penyedia Formasi CPNS 2024 Terbanyak di Pulau Jawa

Kompas.tv - 20 Agustus 2024, 04:00 WIB
peluang-lolos-lebih-besar-pemprov-jatim-jadi-penyedia-formasi-cpns-2024-terbanyak-di-pulau-jawa
Ilustrasi seleksi CPNS 2024. (Sumber: cpns.dinus.ac.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) membuka kesempatan rekrutmen untuk 2.314 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, dengan pelaksanaan tes yang dijadwalkan serentak pada 20 Agustus 2024.

Pemprov Jatim menyediakan jumlah formasi terbesar di Pulau Jawa, jika dibandingkan dengan Jakarta hanya membuka 434 formasi, lalu Jawa Barat 899 formasi, dan Jawa Tengah sebanyak 250 formasi.

Formasi yang tersedia mencakup pelamar dengan kualifikasi pendidikan mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga sarjana strata 2 (S2).

"Pemprov Jatim jadi magnet kuat bagi fresh graduate lulusan universitas se-Indonesia. Karena lowongan ini terbuka dan bisa diikuti pelamar dari daerah manapun termasuk luar Jatim," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Indah Wahyuni, Senin (19/8/2024), dikutip dari Antara.

"Untuk formasi cumlaude ini hanya bisa diikuti lulusan perguruan tinggi terakreditasi unggul (A) dan terakreditasi prodi unggul (A)," jelas Yuyun sapaan akrab kepala BKD Jatim ini.

Indah Wahyuni menjelaskan bahwa formasi CPNS tahun ini terbagi dalam dua kategori: formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum mencakup 2.254 lowongan yang terdiri dari tenaga teknis, tenaga pendidik, dan tenaga kesehatan. 

Baca Juga: Peluang Lolos Lebih Besar, Berikut 5 Instansi yang Sepi Peminat di CPNS 2024

Sementara itu, formasi khusus meliputi 50 lowongan untuk lulusan cumlaude dan 10 lowongan untuk penyandang disabilitas.

Untuk formasi umum, lowongan CPNS terbuka bagi lulusan SMA dan SMK dengan jurusan teknik, pertanian, peternakan, dan agrobisnis. Sementara itu, bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan diploma 3 (D3) ke atas, terdapat persyaratan tambahan berupa hasil tes TOEFL.

"Lulusan SMA/SMK nilai rata-ratanya minimal tujuh, sedangkan sarjana minimal IPK 3 dengan ketentuan perguruan tinggi dan prodinya terakreditasi," jelas wanita yang juga menjabat Pj Bupati Lumajang tersebut.

Terkait usia, pelamar CPNS dapat mengikuti seleksi dengan batas usia maksimal 35 tahun, kecuali untuk formasi dokter spesialis yang memiliki batas usia maksimal 40 tahun.

Dalam proses seleksi CPNS ini, para pelamar diingatkan untuk berhati-hati, terutama dalam memilih formasi yang akan dilamar. Hal ini karena pelamar hanya diperbolehkan memilih satu instansi, dan pilihan tersebut tidak dapat diubah setelahnya.

Sebelumnya, Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi telah mengumumkan jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024.  

Pengumuman formasi CPNS dilakukan dari 19 Agustus 2024 hingga 2 September 2024.

Pihak BKN juga mengimbau para calon pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik dan terus memantau informasi terbaru seputar proses seleksi CPNS ini.

Pendaftaran akan dimulai pada 20 Agustus 2024 dan berlangsung hingga 6 September 2024.

"Berkenaan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah, bersama ini kami sampaikan jadwal seleksi pengadaan CPNS TA 2024," tulis pihak BKN melalui laman resminya, Rabu (14/8).

Baca Juga: RESMI! Berikut Link Download Rincian Formasi CPNS 2024 di DPR RI


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x