Kompas TV ekonomi loker

Rekrutmen CPNS 2024 Sediakan 250.407 Formasi, Ini Rinciannya

Kompas.tv - 18 Agustus 2024, 06:05 WIB
rekrutmen-cpns-2024-sediakan-250-407-formasi-ini-rinciannya
Pendaftaran CPNS 2024 ditargetkan akan dibuka Juni 2024 (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. 

Sebanyak 250.407 formasi disediakan dalam rekrutmen kali ini, yang pendaftarannya akan dimulai pada 20 Agustus hingga 6 September 2024.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa rekrutmen ini merupakan kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk mengabdi kepada negara. 

Formasi yang disediakan terbagi untuk instansi pusat sebanyak 114.706 formasi dan instansi daerah sebanyak 135.701 formasi.

“Tahun ini terdapat 250.407 formasi yang kami sediakan untuk talenta-talenta baru lulusan perguruan tinggi terbaik (fresh graduate). Formasi ini meluas untuk instansi pusat 114.706 dan instansi daerah 135.701,” ujar Anas, Jumat (16/8/2024), dikutip dari laman resmi Kemenpan-RB.

Rekrutmen CPNS tahun 2024 ini diatur melalui Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 320 Tahun 2024 tentang Mekanisme Seleksi Pengadaan PNS TA 2024 dan Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS TA 2024. 

Anas menjelaskan, ada dua jenis kebutuhan formasi yang disediakan, yaitu kebutuhan umum dan kebutuhan khusus.

Kebutuhan khusus ini mencakup alokasi untuk penyandang disabilitas, lulusan cumlaude, diaspora, putra/putri Papua, Kalimantan, serta putra-putri dari daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T).

“Untuk fresh graduate kami membuka peluang yang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibandingkan sebelumnya,” tutur Anas.

Baca Juga: Cara Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024, Peserta Wajib Lakukan Ini | SINAU

Selain untuk PNS, rekrutmen ini juga mencakup Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Anas menjelaskan bahwa proses rekrutmen PPPK akan dilakukan secara bertahap, terutama bagi tenaga non-ASN yang saat ini tengah dalam proses verifikasi dan validasi.

"Secara bertahap nanti akan dibuka rekrutmen PPPK untuk rangkaian penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer pada tahun 2024, yang saat ini sedang proses verifikasi dan validasi. Segera kami umumkan untuk rekrutmen PPPK bila proses verifikasi dan validasi selesai," ucapnya.

Anas mengimbau para calon pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik, terutama dalam mencermati persyaratan dan tata cara pendaftaran CPNS 2024. 

Ia juga meminta agar pelamar aktif mencari informasi dari sumber tepercaya, seperti laman resmi Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan instansi pemerintah terkait.

Nantinya, pedaftaran rekrutmen CPNS 2024 akan dilakukan melalui laman resmi https://www.bkn.go.id/layanan/sscasn/.

Dalam kesempatan yang sama, Anas menegaskan bahwa seluruh tahapan seleksi CPNS akan dilakukan secara transparan dan terkomputerisasi.

“Tahapan seleksi seperti ini menutup celah kondisi dan praktik calo. Jadi tidak ada satu pun pihak yang dapat membantu kelulusan kecuali diri peserta sendiri,” tutur Anas. 

Baca Juga: Dibuka Sebentar Lagi pada 20 Agustus, Berikut Kisi-Kisi Materi Tes SKB di Seleksi CPNS 2024




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x