Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Prabowo Tegaskan Anggaran Pembangunan IKN di Masa Pemerintahannya Cukup Besar

Kompas.tv - 13 Agustus 2024, 15:24 WIB
prabowo-tegaskan-anggaran-pembangunan-ikn-di-masa-pemerintahannya-cukup-besar
Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto saat sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). (Sumber: BPMI Setpres )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Presiden terpilih Prabowo Subianto meminta Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk menyelesaikan pembangunan prioritas di IKN. Ia menyatakan, ruang anggaran yang disiapkan pemerintah selanjutnya untuk menyelesaikan pembangunan IKN cukup besar.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri sidang kabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/8).

"Saya juga ingin meyakinkan otorita bahwa ruang anggaran yang kita siapkan cukup besar dan kita bisa. Saya kira selesaikan beberapa hal yang penting," kata Prabowo seperti dikutip dari Antara, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga: Pemerintah Siapkan RP87 Miliar untuk HUT ke-79 RI di IKN

Menurut Prabowo, IKN akan menjadi ibu kota pusat yudikatif, eksekutif, dan legislatif. Sehingga, gedung MPR dan DPR, serta Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK), menjadi prioritas untuk pembangunan di IKN selanjutnya.

Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu meminta OIKN untuk mulai membuat sayembara desain gedung MPR/DPR, serta MA dan MK agar tidak bertentangan dengan desain bangunan yang sudah ada di IKN.

"Jadi, MPR, DPR, kemudian yudikatifnya kalau itu sudah selesai, sebetulnya secara substansi ibu kota pemerintah sudah beroperasi di sini. Jadi, kita tidak perlu tunggu yang lain-lain. Yang lain-lain itu akan menyusul," tuturnya. 

Baca Juga: Megawati Tak akan Hadir Upacara 17 Agustus di IKN, Pilih di Sekolah Partai PDIP Bersama Kader

Dalam sambutannya di rapat kabinet, Prabowo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Khususnya Menteri Keuangan dan Menko Bidang Perekonomian yang membantunya menyiapkan RAPBN Tahun Anggaran 2025. Prabowo pun optimistis pembangunan IKN bisa dipercepat.

"Walaupun tantangan global besar, kekuatan kita besar. Dan dukungan Pak Presiden sekali lagi saya sampaikan dan semua menteri membuat saya sangat optimis," ujar Prabowo.

Baca Juga: Saat Prabowo Tidak Sabar Berkantor di IKN: Pak Jokowi Susah-Susah, yang Menikmati Pertama Saya

Dalam kunjungannya ke IKN bersama Jokowi dan para menteri di Kabinet Indonesia Maju lainnya, Prabowo beberapa kali menegaskan dirinya akan melanjutkan pembangunan IKN. Termasuk saat sidang kabinet. 

Ia menyebut proyek IKN sangat penting untuk pemerataan pembangunan dan untuk mengurangi beban Pulau Jawa yang selama ini menjadi pusat populasi dan kegiatan ekonomi.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi BCA Investasi di IKN: 10 Kalkulator Dipakai Baru Berani, Ada Komitmen Pemerintah

"Saya kira supaya jelas dan tadi sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa IKN ini akan kita tuntaskan akan kita selesaikan dengan baik karena memang sangat dibutuhkan," kata Prabowo. 


"Tadi Bapak Presiden menyampaikan soal pemerataan dan keinginan kita untuk juga meringankan daya dukung Pulau Jawa terhadap konsentrasi populasi dan konsentrasi kegiatan," ucapnya.




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x