Kompas TV ekonomi properti

Perumahan Subsidi di IKN Tetap Tersedia bagi Masyarakat Menengah ke Bawah

Kompas.tv - 1 Agustus 2024, 07:00 WIB
perumahan-subsidi-di-ikn-tetap-tersedia-bagi-masyarakat-menengah-ke-bawah
Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kementerian PUPR, Jakarta. (Sumber: ANTARA/Aji Cakti)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan perumahan subsidi yang terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah tetap akan tersedia di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini menjadi bagian dari komitmen pemerintah dalam menyediakan hunian layak bagi seluruh lapisan masyarakat di ibu kota baru.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, menyatakan bahwa IKN tidak hanya diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), tetapi juga bagi masyarakat umum yang akan hidup berdampingan dengan ASN di kawasan tersebut.

"Jadi tetap ada perumahan untuk masyarakat menengah ke bawah di IKN," kata Endra dikutip dari Antara

Kementerian PUPR berkomitmen untuk terus mendorong prinsip hunian berimbang di IKN.

Prinsip ini mengharuskan pengembang perumahan untuk menyediakan komposisi yang seimbang antara rumah mewah, menengah, dan sederhana dengan rasio 1:2:3.

Baca Juga: Jokowi Bagikan Potret Kamar Tidur dan Ruang Kerjanya di Istana Garuda IKN

Kebijakan hunian berimbang, lanjut Endra, merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. 

"Kebijakan ini telah lama menjadi salah satu fondasi penting dalam pembangunan perumahan di Indonesia," tutur Endra.

Selain itu, penerapan konsep hunian berimbang di IKN diharapkan dapat membantu mengatasi backlog perumahan yang masih menjadi tantangan di berbagai daerah. 

IKN sendiri diusung dengan konsep kota hijau, cerdas, dan layak huni, sehingga pembangunan hunian di kawasan ini harus mendukung visi tersebut.

Pembangunan hunian berimbang ini juga bertujuan untuk menyediakan pilihan hunian terjangkau bagi masyarakat yang akan pindah ke IKN, termasuk ASN yang ingin memiliki rumah sendiri.

Langkah ini sejalan dengan upaya Otorita IKN untuk menciptakan kawasan yang inklusif dan ramah masyarakat, dengan memberikan pilihan hunian yang nyaman dan terjangkau bagi semua kalangan. 

Baca Juga: Jokowi Bawa Rombongan Influencer ke IKN, Grace Natalie: Bentuk Transparansi Publik


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x