Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kejar Target 29.000 Penumpang, KCIC akan Bikin Exit Tol Baru hingga Operasikan Stasiun Karawang

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 21:05 WIB
kejar-target-29-000-penumpang-kcic-akan-bikin-exit-tol-baru-hingga-operasikan-stasiun-karawang
Bagi Anda yang menikmati libur panjang dengan berpergian pakai Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sebaiknya menyimpan nomor layanan pelanggan Whoosh. Sehingga bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan solusi jika mengalami masalah. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumlah penumpang PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) atau Whoosh saat ini masih di bawah target pemerintah, yaitu baru mencapai 24.000 orang per hari dari target 29.000 orang per hari. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan, pihaknya terus melakukan berbagai langkah strategis guna meningkatkan volume penumpang sesuai yang ditargetkan.

"Strategi meningkatkan volume penumpang melalui peningkatan layanan dan fasilitas, memperluas jangkauan layanan dengan pembukaan stasiun baru dan penambahan jumlah perjalanan," kata Eva seperti dikutip dari Antara, Jumat (27/7/2024). 

Ia menjelaskan, Stasiun Karawang akan mulai beroperasi pada awal tahun 2025, sehingga bisa mendukung program penambahan hingga 62 perjalanan per hari secara bertahap.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Klaim Kereta Cepat Whoosh Bikin Hemat BBM Rp3,2 Triliun per Tahun

"Saat ini Stasiun Karawang baru dioperasikan untuk melayani pengaturan perjalanan kereta. Pendinasan petugas untuk on call emergency juga telah berjalan beserta seluruh perangkat lain seperti di antaranya petugas pengamanan dan kebersihan," ujarnya. 

Agar bisa digunakan oleh penumpang Whoosh, akses jalan dari dan menuju Stasiun Karawang tengah dibuat. KCIC sedang menyiapkan akses dari kawasan Trans Heksa Karawang (THK) dan Deltamas untuk menuju Stasiun Karawang sepanjang 1,5 km. 

Upaya itu sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lanjut Eva, juga sedang menyiapkan pembangunan exit KM 42 jalan Tol Jakarta Cikampek yang langsung menuju kawasan Stasiun Karawang.

Baca Juga: Erick Thohir Pamer Foto Naik Kereta Cepat Bareng Jokowi saat Whoosh Diduga Bikin Rugi BUMN

"Lainnya akses dari Tol Japek kini juga sudah dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan. Rencananya pembangunan dilakukan tahun ini sebagai bagian dari Proyek Strategi Nasional dari pemerintah pusat," ucapnya. 

Eva menyebut, pilihan akses yang banyak membuat Stasiun Karawang terkoneksi dengan berbagai kawasan industri, perkotaan, dan pusat perbelanjaan.

Ketersediaan akses jalan akan didukung dengan berbagai pilihan transportasi pengumpan dari dan menuju Stasiun Karawang. Hal serupa juga dilakukan KCIC di Stasiun Tegalluar. 

Eva menerangkan, pihaknya dengan Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Jasa Marga kini tengah melakukan proses pembangunan exit tol KM 151A.




Sumber : Antara, Kontan.co.id




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x