Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Meski Harganya Jutaan, Tiket Kereta Suite Class Compartment dan Luxury Laris Manis

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 20:59 WIB
meski-harganya-jutaan-tiket-kereta-suite-class-compartment-dan-luxury-laris-manis
PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat kenaikan jumlah penjualan tiket kereta kelas Suite Class Compartment dan Luxury pada Demester I 2024. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat kenaikan jumlah penjualan tiket kereta kelas Suite Class Compartment dan Luxury pada Demester I 2024.

Meski harga keduanya mencapai jutaan rupiah, KAI berhasil menjual 96.198 tiket kereta Suite Class Compartment dan Luxury pada Januari-Juni 2024. 

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, peningkatan itu lantaran kedua kereta tersebut dilengkapi dengan ragam fitur menarik.

Seperti sarana kursi yang lebih nyaman dan privat, toilet standar hotel, serta berbagai layanan spesial lainnya.

Ia menerangkan, selama paruh pertama tahun ini, KAI telah menjual 13.514 tiket kelas Suite Class Compartment. 

"Puncak volume penumpang kelas tersebut terjadi pada bulan Mei 2024 sebanyak 2.492 penumpang atau rata-rata 80 penumpang per hari," kata Anne dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/7/2024). 

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Buat BUMN WIKA Menderita, Apa yang Salah?

Adapun Kereta kelas Suite Class Compartment dirangkaikan dengan KA Bima (Gambir – Surabaya Gubeng pp) dan KA Argo Semeru (Gambir – Surabaya Gubeng pp).

Anne menjelaskan, Kereta Suite Class Compartment diluncurkan pada 10 Oktober 2023 dan saat ini menjadi kelas tertinggi di layanan kereta api penumpang, sekelas dengan first class maskapai penerbangan kelas dunia. 

Kereta ini didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam 1 kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. 

"Layanan ini banyak digunakan oleh pengguna yang ingin melanjutkan perjalanan dengan istirahat yang lebih nyaman atau melanjutkan pekerjaan karena didesain untuk privasi masing-masing pelanggan," ungkapnya. 

Baca Juga: Prabowo: Untuk Apa Bangun Kereta Cepat-Waduk, Kalau Negara Tidak Terlindungi!

Anne menuturkan, kereta tersebut mampu menciptakan segmen pelanggan baru, bahkan penumpang rutin pun banyak yang menjadi pelanggan kompartemen. 

Kereta ini juga diminati setelah sebelumnya KAI melakukan peningkatan waktu tempuh diberbagai koridor relasi.

"Sebagai contoh KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng yang sebelumnya waktu tempuh 11 jam 31 menit (tahun 2021) menjadi waktu tempuhnya 10 jam 30 menit (tahun 2023)," ujar Anne. 

Di tiap ruangan kereta Suite Class Compartment, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis.




Sumber :




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x