Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Puji Padang & Solo, Menhub Budi Karya Dorong Pemda Pakai APBD Biayai Transportasi Umum Berbasis BTS

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 04:40 WIB
puji-padang-solo-menhub-budi-karya-dorong-pemda-pakai-apbd-biayai-transportasi-umum-berbasis-bts
Biskita Trans Depok di pemberhentian bus di Stasiun LRT Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (14/7/2024). Biskita Trans Depok terintegrasi langsung ke Stasiun LRT Harjamukti dan ke moda transportasi KRL di Stasiun Depok Baru. Selama enam bulan ke depan, layanan Biskita Trans Depok gratis. (Sumber: KOMPAS/Aguido Ari)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

DEPOK, KOMPAS.TV- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong pemerintah daerah ikut serta dalam penyelenggaraan bus dengan skema layanan buy the service (BTS), yang berfungsi sebagai pengumpan dari dan menuju transportasi massal. 

Hal ini disampaikan Menhub saat meluncurkan Biskita Trans Depok di Stasiun Light Rail Transit (LRT) Harjamukti, Depok, Minggu (14/7/2024).

"Kita harapkan, layanan buy the service (BTS) ini bukan hanya menjadi program pemerintah pusat, tetapi juga menjadi program pemerintah daerah. Karena itu, saya mendorong dan mengimbau agar Pemda dapat memberikan alokasi dana untuk kegiatan feeder bus ini," kata Budi dikutip dari laman resmi Kemenhub. 

Adapun layanan BTS adalah skema pemberian subsidi berupa pembelian layanan dari perusahaan angkutan umum, untuk penyelenggaraan angkutan penumpang umum di kawasan perkotaan kepada masyarakat.

Baca Juga: Trem Otonom untuk IKN Sudah Dikirim dari China, Beroperasi Agustus 2024

Layanan ini diberikan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, kepada operator, yang akhirnya dinikmati masyarakat.

Saat ini tercatat sudah ada 11 kota yang telah mengalokasikan APBD-nya untuk layanan BTS. Yakni Padang, Pekanbaru, Gorontalo, Batam, Tangerang, Semarang, Surabaya, Bali, Surakarta (Solo), Jambi, dan Banjarmasin. 

Budi Karya mengapresiasi kota-kota yang sudah mulai melakukan pembiayaan yaitu membayar BTS dengan APBD sendiri.

Padang dan Surakarta, lanjutnya, bukanlah kota-kota yang memiliki APBD tinggi, tetapi mereka menyadari bahwa APBD harus turut serta. Hal ini penting demi konektivitas angkutan umum yang lebih baik. 

Baca Juga: Biskita Trans Depok Mulai Beroperasi, Menhub Berharap Bisa Kurangi Kemacetan

"Apa yang kita lakukan sekarang adalah stimulus atau percontohan agar antarmoda berjalan dan masyarakat terlayani dengan baik. Ke depan, semoga semakin banyak Pemda melakukannya," ujar Budi Karya. 

"Saya yakin Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang mampu untuk mengalokasikan sebagian APBD, tidak perlu banyak," sambungnya. 




Sumber : Kemenhub




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x