Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

RI Punya Lebih dari 2.893 Km Jalan Tol, yang Tertua Ada di Jagorawi sejak 1978

Kompas.tv - 10 Juli 2024, 10:43 WIB
ri-punya-lebih-dari-2-893-km-jalan-tol-yang-tertua-ada-di-jagorawi-sejak-1978
Ilustrasi. Indonesia saat ini telah memiliki jalan tol sepanjang 2.893,02 Km yang dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk 73 ruas tol. (Sumber: Jasa Marga )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

KAB. BOGOR, KOMPAS.TV- Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan, saat ini panjang jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.893 kilometer (km) yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dan Sumatera.

Ia menyebut, pembangunan jalan tol di Indonesia selama 9 tahun terakhir meningkat signifikan, mencapai lebih dari 13 persen per tahun. 

"Saat ini, panjang jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.893 km, yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dan Sumatera, dan sisanya berada di Kalimantan, Sulawesi, dan Bali," kata Maruf dalam sambutannya saat peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Selasa (9/7/2024).

Maruf berharap pembangunan jalan tol ke depan perlu terus ditingkatkan, mengingat luas wilayah daratan Indonesia yang mencapai kurang lebih 2 juta km persegi.

Baca Juga: Tol Cimanggis-Cibitung Resmi Beroperasi, JORR 2 Telah Tersambung Penuh Sepanjang 111 Km

Pembangunan jalan tol juga perlu dilakukan untuk mewujudkan konektivitas nasional, dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi dan perluasan pemerataan pembangunan.

"Kehadiran jalan tol diyakini dapat mempercepat distribusi barang dan jasa, mengurangi biaya logistik dan kemacetan serta membuka peluang investasi baru yang pada akhirnya berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," tuturnya seperti dikutip dari Antara. 

Selain itu, keberadaan jalan tol juga akan meningkatkan aksesibilitas ke pusat-pusat ekonomi dan kawasan industri, pertanian hingga wisata.

"Hal ini penting demi mendukung keberlanjutan industri dan meningkatkan daya saing Indonesia," ucapnya. 

Baca Juga: Awas Macet, Ada Rekonstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga 14 Juli 2024

Mengutip laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Indonesia saat ini telah memiliki jalan tol sepanjang 2.893,02 Km yang dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk 73 ruas tol.




Sumber :




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x