Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tol Padang-Sicincin dan Sigli-Banda Aceh Ditargetkan Selesai Tahun Ini, Pangkas Waktu Tempuh 1 Jam

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 14:20 WIB
tol-padang-sicincin-dan-sigli-banda-aceh-ditargetkan-selesai-tahun-ini-pangkas-waktu-tempuh-1-jam
PT Hutama Karya menargetkan pembangunan Jalan Tol Ruas Padang – Sicincin (36 km) di Provinsi Sumatra Barat dan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi I Padang Tidji – Seulimum (25 km) di Provinsi Aceh, akan selesai pada tahun ini. (Sumber: Hutama Karya )
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Hutama Karya menargetkan pembangunan Jalan Tol Ruas Padang – Sicincin (36 km) di Provinsi Sumatra Barat dan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi I Padang Tidji – Seulimum (25 km) di Provinsi Aceh, selesai pada tahun ini. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan, dua proyek tol yang masuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini menunjukkan progres yang signifikan. 

Ketersediaan lahan untuk pembangunan kedua jalan tol ini juga sudah hampir selesai, sehingga proses konstruksi diharapkan dapat berjalan lancar. 

“Hutama Karya menargetkan dua ruas ini dapat segera rampung di Kuartal III dan IV tahun 2024, sehingga konektivitas dan mobilitas antar provinsi akan semakin lancar,” kata Adjib dikutip dari laman resmi Hutama Karya, Selasa (9/7/2024). 

Baca Juga: Hutama Karya Akan Berlakukan Tarif di Tol Lima Puluh-Kisaran, Segini Besarannya

Ia menjelaskan, hingga akhir Juni, progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Padang – Sicincin bertumbuh mencapai 96,68%, dengan progres konstruksi mencapai 67,20%. 

Pada periode yang sama, progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi I Padang Tidji – Seulimum sudah mencapai 76,65%, terhadap Penetapan Lokasi (Penlok) lama dan tambahan. 

Lalu progres pengerjaan fisik jalan tol ini sudah mencapai 88,55%. 

"Jalan Tol Padang – Sicincin akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur seperti 1 simpang susun, 3 gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal," ujarnya. 

Baca Juga: Catat! Tap In dan Tap Out di Stasiun LRT Jabodebek yang Sama Bisa Kena Tarif Maksimum

Ia menambahkan, rencana kecepatan pada ruas ini mencapai 80 km/jam. Di sini dapat mempersingkat waktu perjalanan dari Padang menuju Sicincin dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit, dan berpotensi bagi pengembangan daerah sekitar. 



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x