Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Menteri LHK soal Ormas Bisa Kelola Tambang: Kan Punya Sayap Organisasi, Jadi Tetap Profesional

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 09:37 WIB
menteri-lhk-soal-ormas-bisa-kelola-tambang-kan-punya-sayap-organisasi-jadi-tetap-profesional
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar usai mengikuti rapat terbatas terkait penanganan polusi udara Jabodetabek di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/8/2023). (Sumber: Biro Setpres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan terkait pertimbangan pemerintah memberikan izin kepada ormas keagamaan untuk mengelola tambang.

Ia menegaskan hal itu mengingat setiap ormas memiliki sayap organisasi yang bergerak di lini bisnis. 

"Itu kan organisasi punya sayap organisasi, organisasi kemasyarakat termasuk parpol kan juga punya sayap bisnis. Jadi yang dimaksud dengan perizinan itu ada sayap bisnisnya, jadi tetap aja profesional sebetulnya," kata Siti di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (2/6/2024).

Siti menilai pemberian Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) kepada ormas keagamaan lebih baik daripada rmas-ormas tersebut mengajukan proposal untuk pendanaan setiap harinya.

"Nah ormas itu pertimbangannya itu tadi, karena ada sayap-sayap organisasinya yang memungkinkan. Daripada ormas setiap hari nyariin proposal mengajukan proposal, kan lebih baik dengan sayap bisnis yang rapih dan tetap dengan profesional," tegasnya.

Dalam kempatan itu, ia juga menekankan pemberian izin pengelolaa tambang kepada ormas, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, yang mengamanatkan agar pemerintan memberikan ruang produktivitas kepada masyarakat.

Baca Juga: Soal Tambang untuk Ormas Keagamaan, Apa Kata Sekum PP Muhammadiyah?

Diberitakan sebelumya, Presiden Jokowi menandatangani aturan yang memungkinkan organisasi keagamaan memiliki izin usaha pertambangan. 

Yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.Aturan tersebut diteken Jokowi pada 30 Mei 2024.

Dalam Pasal 83A Ayat 1 disebutkan, Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) dapat dilakukan penawaran secara prioritas kepada Badan Usaha yang dimiliki oleh organisasi kemasyarakatan keagamaan.

"Dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, WIUPK dapat dilakukan penawaran secara prioritas kepada badan usaha yang dimiliki oleh organisasi kemasyarakatan keagamaan," demikian bunyi pasal 83A ayat 1 beleid tersebut, dikutip Minggu (2/6).

WIUPK yang bisa ditawarkan kepada badan usaha milik organisasi keagamaan adalah WIUPK yang merupakan eks Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B). 

Baca Juga: Pernyataan Bahlil yang Pastikan Izin Tambang Batubara untuk PBNU Segera Terbit


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x