Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Whoosh Jadi Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Arti, Asal-usul hingga Kepanjangannya

Kompas.tv - 22 September 2023, 12:52 WIB
whoosh-jadi-nama-kereta-cepat-jakarta-bandung-ini-arti-asal-usul-hingga-kepanjangannya
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri saat menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Rabu (13/9/2023). Berikut arti hingga asal usul Whoosh, nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Sumber: Presidenri.go.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah resmi memberi nama untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan 'Whoosh'.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan nama itu diambil karena menggambarkan kereta tersebut yang saat ini menjadi tercepat di Asia Tenggara.

Sementara Filosofi 'Whoosh' berasal dari suara lesatan kereta cepat yang awam diucapkan, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional. 

"Kita cari nama yang sesuai, Whoosh itu cepat, dari berbagai kata yang ada, Whoosh ini yang paling cepat," ujar Budi dalam Konferensi Pers, Kamis (21/9/2023).

Menurut penjelasannya, pemilihan nama Whoosh merupakan hasil diskusi dengan Presiden Jokowi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Triawan Munaf usai menjajal kereta cepat kerjasama dengan China ini.

Di mana Whoosh menjadi ungkapan yang keluar saat para menteri dan Presiden Jokowi menjajal kereta cepat beberapa waktu lalu.

"Di lain waktu hampir bersamaan Pak Praktikno dan Pak Presiden dan saya gabung, beliau juga katakan kalau namanya cepat di Indonesia kan "whoosh whoosh", kita coba lah," ujarnya.

Baca Juga: Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Whoosh, Dianggap Lebih Baik Ketimbang Shinkansen dan TGV

Sementara itu, Menurut Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia Triawan Munaf, merupakan sebuah singkatan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x