Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Perdana Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung setelah 4 Kali Tinjau Proyek: Inilah Peradaban

Kompas.tv - 13 September 2023, 14:35 WIB
jokowi-perdana-jajal-kereta-cepat-jakarta-bandung-setelah-4-kali-tinjau-proyek-inilah-peradaban
Presiden Jokowi saat duduk di dalam gerbong Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (13/9/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada awal Oktober 2023. Ia berharap setelah resmi beroperasi, kereta cepat bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dari Jakarta menuju Bandung.

Hal itu ia sampaikan usai menjajal kereta cepat yang melaju dengan kecepatan 350 km per jam.

“Saya 4 kali datang ke proyeknya kereta cepat tapi memang baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman dan pada kecepatan tadi 350 tidak terasa sama sekali. Baik saat duduk maupun saat saya berjalan sehingga ya ini lah peradaban,” kata Jokowi seperti dilaporkan Tim Liputan KompasTV, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Ikut Jokowi Jajal Kereta Cepat, Erick Thohir: Berangkat Pagi, eh Sampai Bandung Masih Pagi

“Kita harapkan masyarakat bisa menggunakan kereta cepat ini nanti mulai awal oktober dan kita harapkan ada perpindahan dari penggunaan mobil pribadi ke kereta cepat,” tambahnya.

Jokowi juga berharap semakin banyak masyrakat yang menggunakan transportasi umum lainnya seperti LRT, MRT, KRL, dan TransJakarta. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut kerugian akibat kemacetan di wilayah Jabodetabek dan Bandung saja mencapai Rp100 triliun per tahun.


Untuk tanggal peresmian dan beroperasinya kereca cepat, Jokowi mengatakan itu akan menjadi kewenangan manajemen kereta cepat. Karena aspek keamanan dan keselamatan yang yang utama.

“Jangan dipikir nanti saya mengejar-ngejar. yang menentukan tetap dari manajemen kereta cepat,” ujar Jokowi.

Baca Juga: SPBU BP-AKR Setop Jual BBM Ron 90 Setara Pertalite, Kini Sisa Pertamina dan SPBU Vivo

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia-China dan Kementerian Perhubungan menyebut KA cepat akan beroperasi resmi mulai 1 Oktober 2023.

Meski perjalanan di dalam kereta terasa nyaman, Jokowi mengakui masih ada beberapa fasilitas yang masih perlu diselesaikan. Namun ia menegaskan, aspek keamanan dan keselamatan tetap nomor 1.

“Ini kan juga dibuat di RRT (China) itu tidak hanya 10-20 kilometer. Sudah 48.000 kilometer, mereka kan expert di situ,” sebut Presiden Jokowi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x